Dan Brigif: Yang Menggangu Kamtibmas di Mimika Akan Berhadapan Dengan Brigif 20 Kostrad | Pasific Pos.com

| 16 December, 2019 |

Dan Brigif 20/IJK Kolonel Inf. Charles B P Sagala Dan Brigif 20/IJK Kolonel Inf. Charles B P Sagala

Dan Brigif: Yang Menggangu Kamtibmas di Mimika Akan Berhadapan Dengan Brigif 20 Kostrad

Lintas Daerah Penulis  Senin, 30 September 2019 23:08 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Timika, Komandan Brigade Infantri (Brigif) 20/IJK Kostrad Kolonel Inf. Charles B P Sagala menegaskan aksi demo yang bertujuan untuk membuat kerusuhan di wilayah Kabupaten Mimika akan berhadapan langsung dengan TNI berdasarkan perintah dari Panglima Divisi 3 Kostrad.

Ia menjelaskan, saat ini sebanyak 3 Satuan Setingkat Kompi (SSK) yang telah disiapkan, yang maka dua SSK disiagakan di Brigif sedangkan 2 SSK lainnya disiagakan di Mako Yonif 754/ENK Kostrad yang berlokasi di wilayah Kuala Kencana.

"Ada 3 SSK yang kita siapkan, Ada 2 SSK di 754, 1 SSK di Brigif," jelasnya.

Ia menjelaskan, pasukan yang disiagskan akan diturunkan apabila dibutuhkan oleh pihak Polres daj Kodim yang mana kedua satuan tersebut yang mempunyai kewilayahan. Kendati demikian, dalam beberapa minggu terakhir 1 SSK yang berada di Brigif terus melaksanakan patroli rutin.

"Intinya kami siap gerak dibawah kendali Kodim dan Polres sesuai permintaan mereka, namun sudah satu bulan ini kita patroli sesuai dengan ploting yang disampaikan oleh Polres dan Kodim, karena mereka yang punya kewilayahan," jelasnya.

Ia menegaskan, pihaknya tetap berupaya agar tidak terjadi kerusuhan di Kabupaten Mimika sesuatu dengan perintah Pangdiv 3. Namun, apabila ada warga yang. melakukan kerusuhan akan berhadapan langsung dengan prajurit Brigif.

"Yang jelas kita berusaha kerusuhan tidak boleh masuk ke Timika, dengan segala upaya kita sesuai perintah Pangdiv 3. Jadi siapa yang berbuat rusuh di Timika, akan berhadapan dengan Brigif 20/IJK dan jajarannya," tegasnya.

Pada kesempatan yang sama Dandim 1710/Mimika Letkol Inf. Pio L Nainggolan mengatakan, saat ini seluruh pasukan TNI yang berada di Mimika telah disiagakan dan siap diturunkan apabila terjadi kerusuhan.

Saat ini sebanyak 4 SSK yang telah disiapkan dari Brigif 20/IJK dah Yonif 754/ENK, belum ditambah dengan pasukan-pasukan dari kesatuan-kesatuan lainnya yang berada di wilayah Mimika.

"Seluruh pasukan kita siapkan disini (Timika), tadi sudah disiapkan minimal 4 SSK dari 754 sudah siap, belum ditambah pasukan yang lainnya, pokoknya kita siap," ungkapnya. (Ricky).

Dibaca 138 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX