Pemerintah, TNI/Porli Jamin Keamanan Warga Masyarakat di Wamena | Pasific Pos.com

| 22 November, 2019 |

Pemerintah, TNI/Porli Jamin Keamanan Warga Masyarakat di Wamena

Headline Penulis  Senin, 30 September 2019 13:58 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Jayapura,- Gubernur Papua, Lukas Enembe menjamin keamanan bagi seluruh warga yang ada di sana Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Dirinya pun sangat menyesalkan adanya kejadian yang terjadi Kota Wamena.

Penegasan itu disampaikan Gubernur usai melakukan pertemuan dengan Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit, Kepala BNPB, Letnan Jenderal Doni Monardo, Wakil Kepala Lemdiklat Polri Irjen Pol. Boy Rafli Amar dan Forkompinda Papua di Gedung Negara, Dok V Jayapura, Minggu malam.

"Tentu kami sesalkan kejadian ini, tapi masyarakat tidak perlu takut karena pemerintah dan pihak TNI/POLRI, akan jamin keamanan sekarang dan seterusnya," tegasnya.

Gubernur mengatakan, pemerintah Pusat dan daerah siap melakukan rekontruksi dan rehabilisasi aset-aset milik pemerintah daerah serta toko dan kios masyararakat yang rusak dan terbakar. Namun, penanganan mendesak saat ini adalah untuk mengevakuasi korban kerusuhan baik yang meninggal maupun yang luka-luka. Serta menyediakan makan dan minum serta kebutuhan hidup mendesak lainnya bagi masyarat yang mengungsi di Kodim dan Polres serta gereja dan masjid.

Oleh karna itu, diimbau kepada masyarakat untuk kembali ke Wamena dan membuka usaha seperti biasa, karna pemerintah sudah memberikan jaminan kemananan. "
tidak perlu mengungsi keluar atau tinggalkan wamena, atau pulang kampung, kedatangan Wakil Gubernur Sumatera Barat ini sekaligus meyakinkan masyarakat Sumatra dan lainnya bahwa Papua aman," tegasnya lagi.

Ditegaskannya, kerusuhan yang terjadi di Wamena tanggal 23 September 2019, dilakukan oleh orang tak bertanggungjawab, dan informasi yang beredar orang wamane mau habisi orang pengdatang itu tidak benar (hoaks), bahkan sebaliknya orang wamena banyak membantu masyarakat pendatang.

"saya berharap perekoniman di Wamena bisa pulih kembali, Papua ini tanah damai, orag papua harus jaga kedamaian dan mencintai sesama dari semua golongan, Papua ini mengenal prinsip "Kasih Menembus Perbedaan" oleh karna itu, saya ajak seluruh masyarakat untuk menahan diri, tidak ada tempat bagi mereka yang melakukan kejahatan di Papua, karena Papua adalah NKRI," ujarnya.

Dibaca 58 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.