Legislator Turut Prihatin Atas Serangkaian Aksi di Expo Waena dan Wamena | Pasific Pos.com

| 16 December, 2019 |

Yonas Alfons Nussi Yonas Alfons Nussi

Legislator Turut Prihatin Atas Serangkaian Aksi di Expo Waena dan Wamena

Sosial & Politik Penulis  Kamis, 26 September 2019 00:01 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

 

Jayapura, - Anggota Komisi I DPR Papua yang membidangi Pemerintahan, Politik, Hukum dan HAM, Yonas Alfons Nussy menyatakan turut prihatin dan menyampaikan duka yang mendalam terkait adanya aparat keamanan maupun mahasiswa serta warga sipil yang meninggal dunia dalam serangkaian aksi di Expo Waena, Kota Jayapura dan Kota Wamena, Kabupaten Jayawijaya pada Senin, (23/9/19)

Bahkan legislator Papua itu mengimbau kepada mahasiswa dan masyarakat umum untuk lebih arif dan bijaksana menghadapi persoalan rasisme, dimana negara mempunyai komitmen kuat untuk menyelesaikan persoalan itu.

“Di dalam kehidupan masyarakat, jika ada informasi-informasi seperti itu, mohon dikonfirmasi kebenarannya, asal usul beritanya darimana? Ini perlu dikomunikasikan dengan baik, tidak serta merta masyarakat mengambil sikap tertentu, lalu melempar di medsos dan menjadi konsumsi publik, akhirnya menyulitkan kita sendiri,” kata Yonas Nussy kepada Waetawan di Kantor DPR Papua, Rabu (25/9/19).

Dikatakan, DPR Papua menilai masyarakat dalam kondisi emosional yang tidak bisa mengendalikan diri, sehingga pihaknya mengimbau bahwa kejadian di Kota Jayapura dan Wamena menjadi catatan dan pelajaran penting, bahwa emosional itu menjerumuskan masyarakat sendiri dalam sebuah korban yang tidak bisa mengendalikan diri.

“Sekarang orang Papua sendiri yang merasakan akibat dari itu, dan dampak dari rusaknya fasilitas umum yang dipakai untuk melakukan pelayanan publik,” ujar Nussy.

Namun pihaknya juga meminta masyarakat secara arif dan bijaksana untuk menilai apa yang harus dilakukan dan mana yang tidak boleh dilakukan, terkait dengan kehidupan bersama-sama di Papua.

Apalagi, ungkap Yonas Nussy, semua yang ada di Bumi Cenderawasih, adalah masyarakat yang siap membangun negeri ini secara bersama-sama.

Untuk itu, ia berharap kepada aparat TNI – Polri untuk bisa menyelesaikan persoalan hukum dan memberikan rasa nyaman kepada masyarakat, dengan menggunakan protap yang sesuai kondisi di Papua.

Apalagi tandas Yonas Nussy, cara mengamankan anak-anak Papua dengan anak-anak yang ada di luar Papua, itu sangat berbeda, sehingga aparat keamanan ini harus ada pengarahan-pengarahan yang baik dan pengendalian yang baik, sehingga ketika menangani anak-anak Papua dengan tidak menggunakan kekerasan.

Yonas Nussy menambahkan, persoalan NKRI ini, sudah final. Mari semua bergandengan tangan untuk kita membangun negeri ini dengan tugas dan fungsi kita masing-masing.

"Jadi mari kita lihat kehidupan kita untuk tidak melihat ini yang baik dan ini yang tidak baik, tapi mari kita lihat ini sebagai bagian dari seluruh kesatuan kehidupan masyarakat menjadi tanggungjawab kita untuk diselesaikan bersama-sama,” pungkasnya. (TIARA)

Dibaca 88 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX