Peduli Korban Kebakaran Asmat, ‘Komunitas Wartawan Merauke Kirim Bantuan’ | Pasific Pos.com

| 10 December, 2019 |

Proses pengangkutan bantuan wartawan ke atas kapal (foto:iis) Proses pengangkutan bantuan wartawan ke atas kapal (foto:iis)

Peduli Korban Kebakaran Asmat, ‘Komunitas Wartawan Merauke Kirim Bantuan’

Papua Selatan Penulis  Rabu, 25 September 2019 19:12 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

MERAUKE,ARAFURA,-Musibah kebakaran yang menimpa warga Asmat beberapa waktu lalu tentu menyisakan duka yang mendalam dan kerugian materi yang cukup besar. Oleh sebab itu sejumlah pihak turut menunjukkan kepedulian dengan memberikan bantuan dalam berbagai bentuk. Hal ini menunjukkan bahwa warga di kawasan selatan Papua memang sangat menjunjung tinggi rasa kebersamaan dan kepedulian terhadap sesama tanpa memandang perbedaan yang ada.

Salah satu pihak yang turut memberikan bantuan adalah para pewarta, insan pers atau wartawan asal Kota Rusa yang telah mengumpulkan bantuan sejak beberapa hari lalu. Komunitas wartawan Merauke dalam hal ini ikut merasakan duka yang dialami saudara-saudara di Asmat sehingga ikut memberikan sumbangan yang dikirim melalui KM Sabuk Nusantara 53 kemarin. Adapun bantuan yang diberikan berupa pakaian layak pakai dan beras yang dikumpulkan oleh beberapa wartawan, baik dari media cetak maupun lokal.

Nuryani, wartawan dari Metro Merauke Online saat proses pengiriman bantuan mengemukakan bahwa bantuan tersebut diberikan untuk meringankan beban para korban mengingat pasca kebakaran tentunya mereka membutuhkan banyak perhatian, terutama dalam hal makanan dan pakaian. Untuk itulah para wartawan turut bersimpati dengan memberikan bantuan yang menurutnya dapat membantu para korban. Sementara itu Amin Rosyidah dari Merauke Citra Vision (MCV) TV menambahkan bahwa bantuan yang diberikan memang tidak seberapa namun dengan keikhlasan yang ada diharapkan dapat meringankan beban para korban.

Ia salut dengan kepedulian rekan-rekan wartawan yang begitu antusias ketika wacana ini disampaikan bahkan jumlah bantuan mampu melebihi target awal. Hal ini menunjukkan bahwa komunitas wartawan dari Merauke tidak hanya fokus mencari berita tetapi juga peka terhadap masalah sosial yang terjadi dengan ikut menunjukkan keprihatinan. Hal senada diungkapkan oleh Violeta yang merupakan reporter dari LPP RRI dan Getrudis Saga dari media Suara Merauke Online dimana mereka menyambut baik ajakan berbagi dengan sesama yang disampaikan oleh para seniornya sehingga tidak segan-segan ikut memberikan sumbangan.

Meskipun hanya berupa bantuan kecil namun setidaknya memiliki arti lebih bagi para korban. Demikian halnya Istya Sari dari Koran Harian Arafura News yang mengapresiasi langkah rekan-rekan sesama profesinya dalam membantu sesama. Apalagi banyak pihak yang ikut menyumbang begitu dirinya memposting status untuk memberikan bantuan di akun media sosial miliknya. Tidak disangka, banyak yang merespon sehingga ikut membantu. Di antaranya dari beberapa orang mahasiswa Unmus, alumni SMAN 2 Merauke dan para customer Mavis Shop. Bantuan berupa beras, pakaian layak pakai, baju bayi, buku tulis, pampers, makanan ringan dan pembalut wanita dengan total sebanyak 28 karton dan dua karung. “Kami sangat berterima kasih atas kepedulian wartawan Merauke yang mau membantu, terutama teman-teman wartawan yang ikut peduli. Ini menunjukkan adanya ikatan dan kerjasama yang baik antar sesama pencari berita di Kabupaten Merauke, tidak hanya saat liputan tetapi juga di bidang sosial,”ungkapnya.

Dibaca 73 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX