Tim LP3BH Dampingi Tersangka, EA, YA, dan PM | Pasific Pos.com

| 10 December, 2019 |

Tim LP3BH Dampingi Tersangka, EA, YA, dan PM

Papua Barat Penulis  Senin, 23 September 2019 13:42 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Manokwari, TP – Tim LP3BH Manokwari memberi pendampingan hukum terhadap 3 tersangka, yakni EA, YA, dan PM dalam proses pemeriksaan oleh penyidik Polda Papua Barat, sejak beberapa hari lalu.

Direktur Eksekutif LP3BH Manokwari, Yan C. Warinussy, SH menyebutkan, pendampingan itu berdasarkan amanat Pasal 54, Pasal 55, dan Pasal 56 KUHAP.

Diungkapkannya, dalam pemeriksaan terhadap tersangka, EA, 2 penyidik Polda Papua Barat mengajukan sekitar 37 pertanyaan. Namun, lanjut dia, tim LP3BH selaku kuasa hukum tidak bisa mendengar secara langsung.

“Amanat Pasal 115 Ayat 2 KUHAP menyatakan, kuasa hukum tersangka kejahatan terhadap keamanan negara dapat hadir dalam pemeriksaan tersangka dengan cara melihat, tetapi tidak dapat mendengar langsung proses pemeriksaan,” ungkap Warinussy dalam press release yang diterima Tabura Pos, Minggu (22/9).

Dia mengutarakan, pemeriksaan terhadap tersangka, EA berlangsung baik tanpa kendala atau tindak kekerasan selama proses pemeriksaan.

Di samping itu, tambah dia, keinginan tersangka juga sudah dipenuhi, seperti mengisap rokok, makan, minum, dan berkomunikasi dengan kuasa hukumnya usai menjalani pemeriksaan.

Untuk proses pemeriksaan selanjutnya, Warinussy menyebutkan, Tim LP3BH masih menunggu jadwal untuk melakukan pendampingan terhadap tersangka, YA dan PM. [BOM-R1] 

Dibaca 56 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.