DTPH Kabupaten Jayapura Inisiasi Pencanangan Kawasan Ekowisata | Pasific Pos.com

| 20 November, 2019 |

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten Jayapura, Adolf Yokhu, SP, MM saat berbincang dengan Kepala Bappenda Kabupaten Jayapura, Theopilus Hendrik Tegay, S.Sos, MM. Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten Jayapura, Adolf Yokhu, SP, MM saat berbincang dengan Kepala Bappenda Kabupaten Jayapura, Theopilus Hendrik Tegay, S.Sos, MM.

DTPH Kabupaten Jayapura Inisiasi Pencanangan Kawasan Ekowisata

Kabupaten Jayapura Penulis  Senin, 23 September 2019 13:21 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

SENTANI –Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura (DTPH) Kabupaten Jayapura menginisiasi sebuah rencana besar yakni pencanangan Kawasan Ekowisata di Distrik Nimbokrang dengan integrasi program antar sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) bidan ekonomi.

Demikian dikemukakan, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten Jayapura, Adolf Yokhu, SP, MM saat di temui di Doyo Baru Sentani, Sabtu (21/9) pagi.

Dikatakan, rencana pencanangan kawasan ekowisata tersebut akan dilakukan dalam waktu dekat. Sekarang, pihaknya bersama sejumlah OPD teknis seperti Dinas Perkebunan Peternakan, Dinas Perindustrian Perdagangan, Dinas Koperasi UMKM, Dinas Pariwisata, Bappenda dan beberapa OPD lainnya.

Dirinya menerangkan, setelah melihat dan mengkaji potensi yang dimiliki oleh kampung-kampung yang ada di Distrik Nimbokrang maka sudah saatnya potensi kampung dimanfaatkan dengan program pencanangan kawasan ekowisata.

“Ekowisata ini kami rancangkan dalam upaya mendukung pelaksanaan Pekan Olahraga Nasionnal (PON) XX Tahun 2020 di Papua. Dimana, lewat program ekowisata, maka ketersediaan sayur-sayuran, palawija, buah-buahan, tempat wisata, kakao dan usaha ekonomi produktif lainnya dapat terpenuhi,” sebut Yokhu

Menurutnya, untuk mewujudkan rencana tersebut, pihaknya telah turun langsung ke masyarakat dan bertatap muka. Respon masyarakat sangat baik, sebab itu dalam kurun waktu yang tidak terlalu lama, DPTH dan OPD lainnya akan mencanangkan kawasan ekowisata.

Mantan kepala Sekolah Pertanian Kampung Harapan ini menandaskan, kawasan ekowisata tidak hanya di Distrik Nimbokrang tetapi akan di kembangkan lagi ke distrik-distrik lain. Terpenting adalah, dukungan masyarakat serta potensi pendukung untuk keberlangsungan program ekowisata tersedian.

“Kami berharap, supaya rencana pencanangan kawasan ekowisata yang sedang kami persiapkan mendapat dukungan dari para pihak berkompeten. Supaya kedepan program ekowisata dapat dikembangkan ke distrik lain dengan tampilan yang berbeda berdasarkan potensi wilayah masing-masing,” imbuhnya

Dibaca 47 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX