DPRP Minta, Pemprov Segera Selesaikan Hak Masyarakat Adat | Pasific Pos.com

| 20 November, 2019 |

Boy Markus Dawir Boy Markus Dawir

DPRP Minta, Pemprov Segera Selesaikan Hak Masyarakat Adat

Info Papua Penulis  Senin, 23 September 2019 13:17 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

 

Jayapura, - Meskipun jalan ring road yang menghubungi Pantai Hamadi - Vihara sudah bisa beroperasi, namun Pemerintah Provinsi Papua (Pemprov), diminta segera menyelesaikan hak-hak dari masyarakat adat setempat.

kembali diingatkan, untuk tidak lupa menyelesaikan hak-hak dari masyarakat adat setempat.

Hal itu ditegaskan, Anggota Komisi IV DPR Papua yang membidangi Infrastruktur, Boy Markus Dawir kepada Wartawan di Jayapura, akhir pekan kemarin.

Apalagi kata Politisi Partai Demokrat yang biasa disapa BMD itu, jika selama ini memang kerja keras dari pemerintah untuk membuka salah satu ruas jalan yang baru, agar dapat mengantisipasi kemacetan.

"Jadi selain antisipasi kemacetan tapi juga untuk antisipasi bencana alam seperti banjir yang terjadi di daerah Entrop. Sehingga hari ini sudah, karena jalan tersebut sudah bisa dilalui oleh masyarakat Kota Jayapura," ujar BMD

BMD pun mengungkapkan, jika jalan tersebut adalah program dari Pak Barnabas Suebu yang dikerjakan di tahun 2010 dan terjadi pro kontra.

"Tapi semua itu kita sudah bahas dan 2011 pembangunannya berjalan lancar, sehingga pada tanggal 1 Agustus 2019 mendatang, jalan ring road itu sudah bisa diresmikan oleh Pak Gubernur Lukas Enembe, untuk kita gunakan," ungkapnya.

BMD menuturkan, memang jalan ring road yang sudah beroperesi sejak kemarin, namun ia meminta masyarakat pengguna jalan diminta agar bisa dapat menjaga aset ini dengan baik.

Untuk itu, BMD kembali menegaskan, setelah pengerjaannya selesai dan dapat digunkaan oleh masyarakat, Pemprov tidak lupa untuk membayar hak-hak dari pada masyarakat adat.

"Ya, saya kira secepatnya mereka harus selesaikan pembayarannya. Jangan hanya bicara kepentingan umum tapi tidak bisa menyelesaikan kepentingan masyarat adat, yang ternyata masih ada yang belum di bayar. Jadi semua harus diselesaikan pembayarannnya, baik untuk jalan ring road maupun jembatan Holtekam,"tegasnya.

Dengan diselesaikannya pembayaran itu sambungnya, maka dikemudian hari tidak ada lagi permasalahan atau palang memalang.

"Jadi tidak ada lagi palang memalang, jika pemerintah sudah menyelesaikan semua pembayarannya," tandas BMD. (TIARA)

Dibaca 68 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.