Promosi Wisata Papua, Gandeng Mahasiswa Dan Pelajar | Pasific Pos.com

| 18 October, 2019 |

Ketua Panitia Pelatihan SDM Pariwisata Goes To School, Federika Yumame (foto:iis) Ketua Panitia Pelatihan SDM Pariwisata Goes To School, Federika Yumame (foto:iis)

Promosi Wisata Papua, Gandeng Mahasiswa Dan Pelajar

Papua Selatan Penulis  Sabtu, 21 September 2019 13:05 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

MERAUKE,ARAFURA,- Ketua Panitia Pelatihan SDM Pariwisata Goes To School, Federika Yumame mengemukakan bahwa pelatihan SDM Pariwisata Goes To School merupakan kegiatan yang dilaksanakan terkait dengan pengembangan SDM bagi siswa dan guru dimana untuk para guru pihak Dinas Pariwisata Provinsi Papua sudah menggelar di Jayapura pada 17 September lalu dan dilanjutkan di Kabupaten Merauke dengan sasaran para pelajar di tingkat SMA, SMK dan mahasiswa.

Kegiatan ini penting dilakukan sehingga pelajar dan mahasiswa lebih mengetahui dan memahami tentang kepariwisataan bahkan dapat berperan serta memperkenalkan pariwisata yang ada di Papua. Para pelajar dan mahasiswa dapat bertindak sebagai pemandu wisata yang baik dan mampu mengakses semua potensi wisata yang ada terlepas dari peranan pemerintah maupun mitra terkait. “Pelajar dan mahasiswa dapat mempromosikan wisata melalui media yang ada antara lain dengan handphone. Mereka juga harus bisa menjaga objek wisata yang ada termasuk menjaga kebersihan di lingkungan sekitar,”terangnya kepada ARAFURA News di sela-sela pelatihan di Coreinn Hotel Kamis lalu.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, dalam rangka pelaksanaan PON di Papua maka semua elemen yang ada diharapkan dapat memanfaatkan peluang tersebut dengan menginformasikan tentang objek-objek wisata kepada para tamu yang akan datang. Hal senada juga dikemukakan oleh Gerd Mauri selaku Kepala Seksi Pengembangan SDM Dinas Pariwisata Provinsi Papua saat ditemui wartawan di waktu yang sama.

Menurutnya, saat dunia mulai bergerak ke arah digitalisasi maka peran anak muda menjadi penting sehingga perlu dirangkul untuk memberikan dampak dalam mempromosikan destinasi wisata yang ada. Selain mahasiswa dan pelajar, para guru juga memiliki peran penting karena dapat menfransfer pengetahuan yang diperoleh kepada anak didik. Oleh sebab itu ia berharap dengan memberikan pembekalan maka pelajar dan mahasiswa dapat memiliki pengetahuan dasar yang baik, memberikan inspirasi, wawasan dan gambaran terkait pariwisata sebagai salah satu sector yang mampu menjadi unggulan di daerah setempat khusunya di Kabupaten Merauke. Baik dari sisi ekonomi maupun berbagai segi-segi lainnya mengingat dasar dari pariwisata itu sendiri adalah pelestarian. Jadi harus dijaga dan dipelihara dengan baik agar tetap indah sehingga berdampak positif dan memberikan nilai ekonomi pada daerah tersebut.

Dibaca 41 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.