Agus Jerri: Genpi Adalah Komunitas Jaman Now | Pasific Pos.com

| 15 November, 2019 |

Pelajar dan mahasiswa saat mengikuti pelatihan (foto:iis) Pelajar dan mahasiswa saat mengikuti pelatihan (foto:iis)

Agus Jerri: Genpi Adalah Komunitas Jaman Now

Papua Selatan Penulis  Sabtu, 21 September 2019 13:04 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

MERAUKE,ARAFURA,-Koordinator Generasi Pesona Indonesia (Genpi) Papua, Agus Jerri S.Aronggear, SST,Par,M.Par mengemukakan bahwa Genpi bukan komunitas biasa namun komunitas jaman now dimana 80% anggotanya bergerak di sosial media dalam ikut mempromosikan objek wisata di Papua. Dengan menjadi anggota maka menunjukkan adanya dedikasi terhadap pariwisata, memperluas jaringan, pengetahuan dan menumbuhkan kebanggaan karena sudah ikut membangun pariwisata.

Genpi sudah terbentuk di 34 provinsi dan di Papua adalah provinsi yang ke-31 dideklarasikan. Genpi saat ini sudah terbentuk di beberapa daerah di Papua antara lain Kabupaten Serui, Jayawijaya, Kota Jayapura, Tolikara dan Lani Jaya. Anggota yang dimiliki kurang lebih 90 orang untuk di Jayapura serta membawahi 11 komunitas . Hingga saat ini sudah 7 Genpi yang terbentuk di Provinsi Papua dan akan bertugas untuk melakukan promosi, edukasi dan solusi. Anggotanya mencakup sejumlah kalangan, dari bloger, vloger, videographer, mahasiswa, photographer, guru, jajaran Pemda dan masih banyak lagi. Oleh sebab itu pihaknya berharap di Kabupaten Merauke ke depan juga dapat membentuk Genpi sama dengan kabupaten lainnya yang sudah lebih dulu.

“Jadi mereka semua turut dilibatkan dimana mereka ikut membantu mempromosikan objek-objek wisata melalui foto dan video. Pelajar dan mahasiswa juga dapat mencoba membuat vlog tentang pariwisata yang ditemui dan harus terus belajar dalam hal ini. Jika memang aktif di media sosial maka harus ditekuni sehingga suatu saat nanti dapat menjadi orang-orang yang hebat dalam membantu mempromosikan pariwisata di Papua khususnya di Kabupaten Merauke,”ujarnya saat menyampaikan materi pada pelatihan SDM Pariwisata Goes To School di Coreinn Hotel Kamis lalu.

Ia menambahkan bahwa tanggung jawab tidak semua dibebankan kepada Dinas Pariwisata karena dinas juga memiliki keterbatasan. Oleh sebab itu jika semua elemen dapat membantu maka promosi akan berjalan dengan baik. Diakui bahwa menjadi anggota Genpi sifatnya relawan dan tidak dibayar. Namun sisi baiknya, para anggota dapat memiliki pengetahuan yang lebih luas dan jaringan yang lebih banyak. Tentunya dengan menunjukkan keaktifan dan bergerak dalam berbagai momentum maka dukungan pasti akan diberikan karena relasi banyak diperoleh. Banyak hal yang sudah dilakukan oleh anggota Genpi dalam mempromosikan dan menginformasikan berbagai momen penting kepariwisataan di Papua.

Dibaca 55 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.