2.047 Mahasiswa Sudah Kembali ke Papua | Pasific Pos.com

| 22 October, 2019 |

Sekretaris Daerah Papua, Hery Dosiaen Sekretaris Daerah Papua, Hery Dosiaen

2.047 Mahasiswa Sudah Kembali ke Papua

Headline Penulis  Kamis, 19 September 2019 20:54 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

JAYAPURA,- Mahasiswa Papua yang studi di berbagai kota di Indonesia sudah kembali ke bumi Cenderawasih sejak kasus Rasis di Kota Surabaya, Jawa Timur, Agustus lalu.

Pemerintah Papua mencatat 2.047 mahasiswa telah kembali ke daerahnya. Data ini sebagaimana laporan para Bupati di Papua pada pertemuan bersama Gubernur Papua Lukas Enembe di Gedung Negara Jayapura, Senin (16/9/2019) lalu.

Sekretaris Daerah Papua, Hery Dosiaen mengakui, Gubernur Papua sendiri telah melakukan rapat koordinasi termasuk mengundang para mahasiswa tersebut. Hanya saja, kata Sekda, sampai sekarang para mahasiswa itu masih enggan berkomunikasi dengan Pemerintah Papua.

“Mereka belum menyampaikan kepada Pemerintah Papua, kenapa mereka harus pulang dan kapan mereka kembali ke Kota Studi masing-masing. Saat ini, para mahasiswa itu masih melakukan konsolidasi diantara mereka,” terang Sekda.

Sekda pun menyatakan sambil menenangkan situasi, pihaknya tetap terus melakukan koordinasi dan konsolidasi sehingga semua akar persoalan terkait kepulangan mahasiswa asal Papua ini dapat diselesaikan.

“Kami juga sudah memerintahkan Kepala Dinas Sosial untuk mendistribusikan logistik ke semua mahasiswa asal Papua yang kini terhimpun di sejumlah Asrama di Kota Jayapura,” tambahnya.

Sementara itu, Sekda menyebutkan, Pemerintah Provinsi Papua juga berencana akan membangun perguruan tinggi atau politeknik di 5 wilayah adat kedepannya, sehingga dapat memberikan ruang lebih besar bagi anak-anak kita untuk mendapatkan pendidikan yang berkualitas.

“Kita juga harus membangun kembali rasa kesatuan dan kedamaian sesama anak bangsa yang anti Rasisme dengan mengedepankan pendekatan multikulturalisme dan lintas agama sebagai kekuatan untuk meneguhkan eksistensi Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tutup Sekda

Dibaca 50 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.