Dandim 1709 Basuh Kaki Tokoh Masyarakat Di Markas OPM | Pasific Pos.com

| 20 May, 2019 |

Dandim 1709 Basuh Kaki Tokoh Masyarakat Di Markas OPM

Headline Penulis  Kamis, 13 Agustus 2015 18:08 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Jayapura,- Komitmen TNI sebagai tentara rakyat adalah merasakan apa yang dirasakan dan apa yang dialami oleh masyarakat baik dalam susah maupun senang.
Kodim 1709/Yawa sebagai aparat territorial dalam melaksanakan fungsi teritorial senantiasa langsung bersentuhan dengan dinamika kehidupan masyarakat setiap hari.  Melalui kerjasama yang terbangun antara TNI khususnya Kodim 1709/Yawa dengan Pemda Kabupaten, Selasa 11 Agustus 2015 bersama-sama dengan bupati Kab. Kep. Yapen dan Kajari Kep. Yapen mengunjungi markas OPM ( Organisasi Papua Merdeka ) di kampung Sasawa.
Menurut Dandim, sebagai sesama anak bangsa yang sebentar lagi akan memperingati HUT Proklamasi kemerdekaan yang ke-70 pada tanggal 17 Agustus 2015, harus dapat menjadikan momentum tersebut untuk menyatukan kehidupan berbangsa dan bernegara diantara sesama anak-anak bangsa yang berada di Papua dan Papua Barat.
TNI AD sebagai pengayom masyarakat senantiasa berpegang pada 8 wajib TNI sebab menjadi landasan dan konsenterasi utama TNI mengabdikan diri kepada masayarakat. Delapan Wajib TNI itu menyangkut sumpah atas nama Tuhan yakni “Demi Allah saya bersumpah / berjanji : 1. Bersikap ramah tamah terhadap rakyat; 2. Bersikap sopan santun terhadap rakyat; 3. Menjunjung tinggi kehormatan wanita; 4. Menjaga kehormatan diri di muka umum; 5. Senantiasa menjadi contoh dalam sikap dan kesederhanaannya; 6. Tidak sekali-kali merugikan rakyat; 7. Tidak sekali-kali menakuti dan menyakiti hati rakyat; dan 8. Menjadi contoh dan memelopori usaha-usaha untuk mengatasi kesulitan rakyat sekelilingnya,” tegasnya.
Pada kesempatan pertama, selaku orang beriman dan bertaqwa tentu menjadi prinsip dasar moralitas anak bangsa untuk saling memaafkan antara satu dengan yang lainnya.  Karena itu Dandim 1709/Yawa Letkol Inf Tamimi Hendra Kesuma. SH meminta maaf kepada masyarakat kampung Sasawa, jika  selama ini ada sikap dan perilaku  yang  kurang berkenan dari setiap personil Kodim 1709 kepada masyarakat.  
Dandim menyadari bahwa sebagai manusia biasa tentu tidak seorangpun bebas dari segala kekuarangan.  Untuk itu selaku prajurit, maka akan senantiasa menjunjung tinggi Delapan Wajib TNI sebagai landasan pengabdian kepada masyarakat. Tokoh-tokoh masyarakat yang hadir kemudian dibasuh kakinya oleh Dandim. Dandim berkata, bahwa “ dengan membasuh kaki tokoh masyarakat, akan menciptakan keterikatan batinia di antara TNI dan Rakyat.”
Kunjungan ke Markas OPM tersebut terasa indah karena semakin tercipta suasana penuh kebahagiaan antara masyarakat bersama para  pejabat yang hadir baik Bupati Kab. Kep Yapen  Bpk Tonny Tesar, Kajari  Kep. Yapen Bpk Frengky Son. SH. MM. MH, Kepala Kampung Sasawa  Bpk. Nohar, Upuya, Kepala Dinas Kesehatan dr. Eprain Osok. M.Kes, Kapolsek Yapen Barat  Ipda Marthen Karimor maupun dengan Dandim 1709/Yawa Letkol Inf Tamimi Hendra Kesuma. SH.  
Acara kemudian dilanjutkan dengan melaksanakan penanaman Kedelei dalam rangka Upsus PAJALE ( Padi, Jagung, Kedele), peninjauan sekolah dan kesehatan di kampung sasawa, memberikan bingkisan sembako dan memberikan bantuan bibit jagung ke masyarakat kampung Sasawa. (Fani)

Dibaca 1299 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX