Diguncang Konflik Sebulan Terakhir, Kabupaten Jayapura Tekad Sukseskan PON | Pasific Pos.com

| 21 October, 2019 |

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE. M, Si Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE. M, Si

Diguncang Konflik Sebulan Terakhir, Kabupaten Jayapura Tekad Sukseskan PON

Kabupaten Jayapura Penulis  Selasa, 17 September 2019 20:19 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

SENTANI – Kabupaten Jayapura merupakan salah satu kabupaten di Papua bersama kabupaten/kota lainnya, selama satu bulan terakhir digunjang dengan suasana konflik. Konflik yang telah berlalu belum lama ini akibat ujaran berbau rasis di Kota Malang dan Surabaya. Dari suasana konflik tersebut membuat banyak masyarakat berasumsi bahwa Pekan Olahraga Nasional (PON) di Papua takan terlaksana namun hal itu ternyata terbalik dengan tekad Pemerintah Provinsi Papua dan Kabupaten Jayapura untuk sukseskan PON ke- XX Tahun 2020.

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si mengakui selama ini di Papua pada umumnya, dan khususnya Kabupaten Jayapura mengalami gejolak cukup kencang dan berbuntut pada aksi anarkis, tetapi sesungguhnya kondisi tersebut sedikitpun tidak mempengaruhi apalagi sampai membatalkan upaya-upaya persiapan yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Jayapura dalam mensukseskan PON XX mendatang.

“Kami memberikan apresiasi kepada Gubernur Provinsi Papua yang mana terus berupaya menyiapkan segala hal, terutama infrastruktur untuk menunjang pelaksanaan PON XX Tahun 2020 di Papua, begitu juga kami di Kabupaten Jayapura,” ungkap Bupati Awoitauw.

Dikatakan, Pemerintah Kabupaten Jayapura secara terus-menerus berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Papua berkaitan dengan pelaksanaan PON XX tahun 2020 mendatang. Hasilnya, bahwa tahun 2020, perhelatan akbar PON XX tetap akan dilaksanakan.

Senada dengan Bupati Jayapura, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Jayapura, Yaan Yokhu menandaskan, kesiapan Kabupaten Jayapura untuk mendukung pelaksanaan PON XX Tahun 2020 di Papua, sangat siap.

Yokhu juga mengajak kepada semua komponen di daerah ini, baik pemerintah, dunia swasta, organisasi-organisasi pemuda, masyarakat umum untuk tidak mendengar isu-isu tidak bertanggungjawab yang sering dihembuskan oleh para pihak tertentu mengenai penundaan atau perpindahan tempat waktu dan tempat pelaksanaan PON XX Tahun 2020.

“Kami menegaskan bahwa, PON XX Tahun 2020 tetap akan dilakukan di Papua, pada waktu dan tempat yang telah di tentukan sebab PON adalah agenda nasional yang di tempatkan di daerah,” tukas mantan Kepala Biro Humas dan Protokoler Setda Provinsi Papua.

Lebih lanjut, Yaan Yokhu mengajak publik Kabupaten Jayapura tidak bertanya-tanya lagi mengenai jadi dan tidaknya pelaksanaan PON di Papua. Sebab menurutnya, hasil koordinasi antara Presiden dan sejumlah kementerian terkait dan pemerintah Provinsi Papua dan Kabupaten Jayapura bahwa PON XX Tahun 2020 tetap dilaksanakan.

Dibaca 54 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.