Kepala Sekolah Berperan Penting Dalam Kemajuan Pendidikan | Pasific Pos.com

| 15 December, 2019 |

Foto bersama Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Jayapura, Fahrudin Pasolo dan Kepala SMP Kota Jayapura Foto bersama Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Jayapura, Fahrudin Pasolo dan Kepala SMP Kota Jayapura

Kepala Sekolah Berperan Penting Dalam Kemajuan Pendidikan

Pendidikan & Kesehatan Penulis  Selasa, 17 September 2019 12:32 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

 

JAYAPURA - Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Jayapura, Fahrudin Pasolo, menyatakan kepala sekolah berperan penting dalam kemajuan pendidikan, karena memiliki kemampuan sebagai seorang guru, leadership, enterpreneurship.

"Meningkatkan kompetensi kepala sekolah merupakan suatu yang sangat penting, karena dari para kepala sekolah bisa menentukan arah sekolah yang dipimpinnya," ujar Fahrudin dalam kegiatan Diklat Penguatan Kepala SMP Kota Jayapura di LPMP Papua, Senin (16/09/19).

Menurut Fahrudin, sekolah adalah suatu sistem yang tidak bisa berpesan sendiri maka para kepala sekolah harus mampu membangun komunikasi, sinergitas yang baik dalam lingkungan internal dan eksternal ditempat kerja.

"Dalam setiap organisasi, pimpinan merupakan inti yang mengambil sebuah landasan dan pedoman sebagai dasar untuk pengintegrasian semua perencanaan, program, dan kebijakan," jelasnya.

Dikatakan Fahrudin, dalam amanat Permendikbud Nomor 6 Tahun 2018 bahwa kepala sekolah yang diangkat oleh pemerintah daerah maupun yayasan sebelum Juli 2018 maka cukup mengikuti progran penguatan kepala sekolah dengan sistem 71 jam (14 modul pembelajaran).

Namun, lanjut Fahrudin, pengangkatan kepala sekolah diatas Juli 2018 maka wajib mengikuti seleksi calon kepala sekolah dengan sistem 300 jam.

Untuk itu, diakui Fahrudin, program diklat penguatan kepala SMP Kota Jayapura terselenggara untuk mendukung kompetensi, kapasitas bagi kepala sekolah. Namun tak kalah penting juga kedudukan guru, yang dinilainya sangat strategis sebab guru adalah yang pertama mentransformasikan nilai-nilai perubahan dalam dinamika ilmu pengetahuan dan teknologi.

"Peran kepala sekolah berpengaruh terhadap capaian-capaian dalam organisasi yang dipimpinnya. Harus mampu beradaptasi dan merespon. Harus memiliki daya saing yang kuat dalam tuntutan pelayanan. Sekolah dibangun bertujuan untuk menciptakan generasi yang handal.

Kasubag Umum Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Papua, Ponto Yelipele, mengharapkan diklat penguatan kepala SMP dapat meningkatkan mutu pendidikan di Kota Jayapura, karena raport penjaminan mutu sekolah masih rendah.

"Kepala sekolah sudah menjalankan fungsinya sebagai manager dan pemimpin di sekolah. Intinya selain mendapatkan materi dengan kebijakan terbaru tapi juga kerjasama di sekolah masing-masing sehingga implementasi Kurikulum 2013 dan pendidikan penguatan karakter terlaksana dengan baik," jelasnya.

Dibaca 144 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX