Pengurusan Hak Cipta Disambut Antusias Pelaku Usaha | Pasific Pos.com

| 22 October, 2019 |

Sri Juhari saat mengikuti kegiatan Dinas Koperasi dan UKM Papua bersama rekan pelaku usaha se-Merauke (foto:iis) Sri Juhari saat mengikuti kegiatan Dinas Koperasi dan UKM Papua bersama rekan pelaku usaha se-Merauke (foto:iis)

Pengurusan Hak Cipta Disambut Antusias Pelaku Usaha

Papua Selatan Penulis  Senin, 16 September 2019 14:59 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

MERAUKE,ARAFURA,-Upaya yang dilakukan oleh Pemprov Papua melalui Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Papua dalam membantu para pengusaha kecil memiliki hak cipta produk disambut antusias oleh sejumlah pelaku usaha yang ada di Kabupaten Merauke. Terlebih lagi bagi pelaku usaha yang selama ini belum memiliki hak cipta, tentu apa yang dilakukan pihak dinas akan sangat membantu. Terlebih lagi bantuan tersebut diberikan secara gratis. Salah satu pelaku usaha yang sangat antusias adalah Sri Juhari selaku Owner SJ Merauke yang memproduksi berbagai olahan untuk oleh-oleh.

Kepada wartawan di Hotel Itese belum lama ini, ia mengemukakan bahwa pihaknya menyambut baik bantuan pemerintah tersebut karena para pelaku usaha dapat mengetahui apa saja yang menjadi hak mereka dan produk yang dibuat juga terlindungi. Jadi dapat mencegah dari adanya tindakan menjiplak atau mencatut nama produk tanpa ijin. Beberapa produk yang ia produksi antara lain bakso ikan gastor, bakso ikan tenggiri, mpek-mpek gastor, abon ikan gastor, bakso sapi, bakso rusa, pilus gastor dan masih banyak lagi olahan berbahan lokal lainnya.

Sebab beberapa produk terbaru juga ia buat dengan menggunakan bahan-bahan lokal yang ada, khususnya dari ikan gastor. Menurutnya, ikan gastor memiliki banyak manfaat sehingga ia sering membuat produk dari bahan dasar ikan yang cukup melimpah di daerah ini. Albumin yang terdapat dalam ikan gastor sangat bermanfaat bagi kesehatan sehingga penting untuk dikonsumsi. “Oleh sebab itu saya lebih condong menggunakan ikan gastor untuk membuat berbagai produk. Saya mulai membuat produk dari ikan gastor sejak tahun 2016 lalu diawali dengan bakso ikan gastor. Sedangkan untuk abon dan pilus ikan gastor baru dimulai tahun ini,”jelasnya.

Ternyata banyak yang menyukai produknya dan dijadikan oleh-oleh khas Merauke. Oleh sebab itu ia benar-benar menjaga kualitas produknya dengan menggunakan ikan gastor yang bagus. Dirinya benar-benar teliti untuk masalah kualitas agar tidak mengecewakan pelanggan. Ikan yang dibeli dari nelayan khusus dipilih yang masih segar dan pihaknya selalu menampung dalam jumlah banyak mengingat jenis ikan yang satu ini juga sangat tergantung musim. Tidak jarang ketika stok sudah habis dan sedang tidak musim maka pihaknya mengalami kendala dalam memproduksi. Pelanggannya sudah meluas, tidak hanya dari dalam Kota Merauke saja tetapi juga luar daerah hingga Jayapura, Jawa dan Jakarta. untuk harga sangat terjangkau karena pihaknya benar-benar jeli melihat persaingan pasar saat ini. namun untuk tahapan produksi sendiri ia tidak membuat dalam jumlah banyak dan lebih disesuaikan dengan permintaan pasar.*

Dibaca 46 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX