Edy Melmambessy: Kerjasama Sudah Terjalin Dengan Baik | Pasific Pos.com

| 22 October, 2019 |

Proses penandatanganan kerja sama (Foto:iis) Proses penandatanganan kerja sama (Foto:iis)

Edy Melmambessy: Kerjasama Sudah Terjalin Dengan Baik

Papua Selatan Penulis  Senin, 16 September 2019 14:50 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

MERAUKE,ARAFURA,-Dekan Fakultas Pertanian Unmus, Edy H.P. Melmambessy, S.PI, M.Si mengemukakan bahwa kerjasama yang dilaksanakan dengan Dinas Lingkungan Hidup yang meliputi Tri Dharma Perguruan Tinggi selama ini sudah terjalin dengan baik. Antara lain ketika dilakukan kegiatan PKL maka ada mahasiswa yang khusus ditempatkan di dinas tersebut. Oleh sebab itu ia menyampaikan terima kasih karena mahasiswa Unmus selama ini sudah difasilitasi oleh dinas. “Termasuk kerjasama dalam memberikan kuliah umum kali ini, diharapkan akan semakin mendekatkan Unmus dengan dinas serta mempererat kebersamaan.

Khususnya jika ada kajian-kajian yang berhubungan dengan penelitian maka dapat dilakukan bersama-sama. Dengan kuliah umum ini kita dapat menambah pengetahuan untuk lebih mencintai lingkungan hidup. Merauke harus bersih dan ini menjadi tanggung jawab bersama. Di lingkup kampus sendiri kita sudah menanam pohon dan bunga-bunga di lingkungan fakultas pertanian. Ditambah lagi dari dinas juga sudah menyumbang 100 pohon,”ujarnya pada penandatanganan kerjasama dan kuliah umum dengan Dinas Lingkungan Hidup di gedung PKM belum lama ini .

Menurutnya, apa yang sudah dilakukan adalah awal dari tahapan kerjasama dimana dinas sudah mengawali dengan berbagai dukungan. Untuk itu mahasiswa juga memiliki tanggung jawab bersama dalam ikut menjaga kebersihan kota. Sementara itu saat membacakan naskah perjanjian kerja sama, ia menyampaikan bahwa maksud dan tujuan jalinan kerjasama adalah untuk menyatukan persepsi dalam rangka sinergitas program kegiatan strategis pemerintah daerah dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang dilaksanakan oleh fakultas pertanian Unmus, menyediakan dan mendesiminasi teknologi lingkungan hidup dalam rangka mendukung percepatan pencapaian target program pengembangan lingkungan hidup di Kabupaten Merauke serta mengembangkan kapasitas SDM pertanian melalui pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat.

Sementara itu kepala Dinas Lingkungan Hidup, Ir.Harmini, M.Si menyampaikan bahwa lingkungan adalah isu yang paling penting di seluruh dunia. Oleh sebab itu sejak ia menjabat sebagai kepala dinas, jajarannya berupaya untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan Kota Merauke dengan menanam berbagai tanaman dan membersihkan sampah-sampah yang ada. Artinya, Merauke harus bebas dari sampah pada 2020 mendatang. Adapun yang menjadi pedoman pihaknya adalah undang-undang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup tahun 2009 nomor 32. “Oleh sebab itu karena sudah merupakan amanah undang-undang maka setiap kegiatan yang berdampak penting maupun tidak penting, wajib memiliki dokumen ijin lingkungan,”jelas Harmini.

Dibaca 37 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.