Erfan: Untuk Kepesertaan, Merauke Sudah Tercapai | Pasific Pos.com

| 7 December, 2019 |

Salah satu perwakilan badan usaha saat menyampaikan pertanyaan dalam sosialisasi (foto:iis) Salah satu perwakilan badan usaha saat menyampaikan pertanyaan dalam sosialisasi (foto:iis)

Erfan: Untuk Kepesertaan, Merauke Sudah Tercapai

Papua Selatan Penulis  Minggu, 15 September 2019 13:34 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

MERAUKE,ARAFURA,-Kepala BPJS Kesehatan Cabang Merauke, Erfan C.Nugraha mengemukakan bahwa dari sisi kepesertaan JKN-KIS di Kabupaten Merauke sudah tercapai dan itu semua berkat dukungan dari badan usaha yang telah mendaftarkan karyawannya. Namun kita tidak bisa hanya berhenti sampai di situ saja karena upaya untuk memberikan akses kepastikan jaminan pelayanan kesehatan kepada masyarakat tentunya tidak hanya sekedar menjadi peserta JKN-KIS.

Oleh sebab itu sebagai bentuk komitmen BPJS Kesehatan untuk terus memberikan dukungan khususnya memberikan akses jaminan kesehatan kepada masyarakat yang tidak mampu maka pihaknya ingin mengajak badan usaha untuk dapat berdonasi. Untuk kepesertaan dalam program jaminan kesehatan nasional khusus di wilayah kerja Kabupaten Merauke sudah mencapai 267.692 jiwa. Ini menunjukkan bahwa sudah mencapai 96, 03% dari jumlah penduduk yang ada yakni 278. 706 jiwa. Bahkan untuk Universal Health Coverage, Merauke sudah mendapatkannya dimana beberapa waktu lalu diserahkan oleh presiden melalui Kemendagri kepada bupati langsung di Jakarta. “Sesuai dengan take line dari program JKN bahwa dengan gotong royong semua tertolong maka sama dengan konsep yang diusung dalam program CSR sehingga ketika badan usaha dapat mengalokasikan dana untuk membantu orang lain maka di sinilah peran gotong royong berjalan,”ujarnya pada sosialisasi program donasi bersama badan usaha di Swiss-Belhotel, Jumat (13/9).

Lebih lanjut ia menambahkan, untuk pelaksanaannya dibutuhkan peran semua pihak, tidak hanya pemerintah tetapi juga badan usaha, media hingga komunitas lainnya. Dengan demikian gotong royong yang dilaksanakan dalam JKN-KIS ini benar-benar menunjukkan bahwa semua pihak sudah membantu yang sakit. Ia berharap sinergitas tetap terjalin karena sekecil apapun peran serta yang diberikan akan sangat berharga bagi masyarakat yang membutuhkan. Menurutnya, sehat itu adalah sesuatu hal yang mahal sehingga harus betul-betul disyukuri. Minset inilah yang akan terus dikampanyekan oleh BPJS Kesehatan kepada seluruh elemen masyarakat karena dengan adanya kesehatan maka kita bisa selalu produktif dalam melakukan tugas sehari-hari. Meskipun hangat diberitakan di media massa bahwa BPJS Kesehatan tengah mengalami devisit namun patut disyukuri karena BPJS masih mampu berjalan dengan baik khususnya dalam melaksanakan program-program. Semua itu tentunya berkat dorongan dari semua pihak termasuk kalangan badan usaha.

Dibaca 64 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX