DPD NasDem Ajukan Surat Pergantian Caleg Terpilih Setelah Putusan di DK | Pasific Pos.com

| 21 September, 2019 |

foto bersama ketua DPD Partai NasDem dan pengurus bersama Ketua KPU Kabupaten Mimika foto bersama ketua DPD Partai NasDem dan pengurus bersama Ketua KPU Kabupaten Mimika

DPD NasDem Ajukan Surat Pergantian Caleg Terpilih Setelah Putusan di DK

Sosial & Politik Penulis  Rabu, 11 September 2019 23:14 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Timika, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai NasDem Kabupaten Mimika didampingi pengurusnya, Rabu (11/9) mendatangi kantor KPU Kabupaten Mimika untuk menyerahkan surat permohonan pergantian caleg terpilih dari Partai NasDem setelah adanya sengketa yang diselesaian oleh Dewan kehormatan (KD) Partai NasDem pada tangal 5 Agustus lalu.

"Jadi ini kami partai NasDem apresiasi kepada Ketum Surya Paloh karena didalam sengketa itu beliau memberikan ruang kepada partai penyelesaian sengketa perolehan suara Pileg 2019, dalam hal ini dari Kabupaten Mimika ada 15 sengketa yang telah di sidangkan tanggal 5 Agustus 2019 oleh Dewan Kehormatan Partai NasDem," kata Aser Gobai usai melakukan pertemuan dengan ketua KPU Kabupaten Mimika.

Ia menjelaskan, ada beberapa sengketa yang telah disidangkan di tingkat DK Partai NasDem pada Dapil 1, Dapil 2 dan Dapil 4, namun dalam proses persidangan sengketa pada Dapil 1 dan 4 tidak memiliki cukup bukti sehingga tidak ditindaklanjuti, sementara itu sengketa untuk Dapil 2 telah diputuskan setelah pemeriksaan dokumen yang mana setelah dicocokkan jumlah perolehan suara oleh Caleg nomor urut 6 atas nama Yustina Timang yang mana tidak sesuai dengan bukti C1, DA1.

"Jadi dalam perjalanan itu, di Mimika di ada tiga sengketa yang didaftarkan di DK namun dalam proses persidangan itu belum punya bukti dan dokumen yang kuat untuk Dapil 1 dan Dapil 4, tapi bersyukur bahwa DK telah memutuskan bahwa Dapil 2 memeriksa dokumen C1, DA1 dan DAA1 terbukti bahwa tidak cocok caleg terpilih yang telah ditetapkan oleh KPU," jelasnya.

Menindaklanjuti hal tersebut, internal Partai NasDem Kabupaten Mimika sebagaimana diatur dalam Peraturan KPU Nomor 5 Tahun 2019 tentang Penetapan Pasangan Calon Terpilih, Penetapan Perolehan Kursi, dan Penetapan Calon Terpilih Dalam Pemilihan Umum, pihaknya telah melakukan rapat pleno untuk mengajukan pergantian Caleg terpilih dari partai NasDem kepada pihak KPU Kabupaten Mimika.

"Untuk itu Partai sudah lakukan langkah-langkah sesuatu dengan PKPU nomor 5, sehingga hari ini hasil keputusan itu telah diajukan oleh DPD melalui keputusan pleno pengurus Partai NasDem Kabupaten Mimika. Hasilnya telah kami serahkan ke KPU Mimika untuk selanjutnya agar mereka mengakomodir keputusan partai yang telah disampaikan," ungkapnya.

Sementara itu Ketua KPU Kabupaten Mimika Indra Ebang Ola ketika dikonfirmasi membenarkan penyerahan surat pergantian Caleg terpilih dari partai nasDem Dapil 2. Hanya saat ini tahapan Pileg telah selesai sehingga KPU Mimika tidak ada urusan dengan hal tersebut.

"Iya mereka datang untuk menyerahkan surat tentang pergantian caleg terpilih dari Dapil 2, inikan KPU tidak ada urusan dengan hal itu, karena ini persoalan internal mereka (Partai NasDem) proses telah berjalan, semua tahapan sudah kita laksanakan," katanya.

Ia mengakui ada aturan terkait dengan pergantian tersebut apabila yang bersangkutan dilakukan,Pergantian Antar Waktu (PAW), mengundurkan diri, meninggal dunia, berhalangan tetap atau bermasalah dengan hukum. Namun yang bersangkutan tidak termasuk dalam beberapa kriteria tersebut sehingga surat permohonan tersebut akan ditindaklanjuti apabila surat tersebut memiliki kekuatan hukum tetap atau antara kedua pihak telah ada kesepakatan.

"Memang didalam aturan PKPU nomor 5 itu mengatur itu, dan juga ada mekanisme partainya juga, tapi untuk masalah ini KPU tetap terima aspirasi mereka, setelah kita dalami dan menindaklanjuti apabila sudah memiliki kekuatan hukum tetap," akunya.

Sementara itu Kabag Ops Polres Mimika AKP Andika Aer, S. IK ketika dikonfirmasi terkait kedatangan pengurus DPD Partai NasDem mengatakan, sebanyak 40 personel gabungan di siagakan di kantor KPU untuk mengantisipasi terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

"40 personel gabungan dari Polres sama Brimob Kalteng, 30 dari Polres, 10 dari Brimob Kalteng," kata Kabag Ops.

Dibaca 35 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX