TNI Angkatan Laut Terlibat Aktif Jamin Kepentingan Maritim | Pasific Pos.com

| 14 November, 2019 |

Danlantamal XI Merauke, Brigjen Tni (Mar) Lukman, St, M.Si (Han) (foto:ist) Danlantamal XI Merauke, Brigjen Tni (Mar) Lukman, St, M.Si (Han) (foto:ist)

TNI Angkatan Laut Terlibat Aktif Jamin Kepentingan Maritim

Papua Selatan Penulis  Selasa, 10 September 2019 18:55 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

MERAUKE,ARAFURA-Ancaman tradisional dan non-tradisional pada lingkup nasional dan regional menuntut perhatian terus-menerus dan tindakan mitigasi yang tepat. Selama ini pula, TNI Angkatan Laut telah secara aktif terlibat dalam menjamin kepentingan maritim Indonesia, terutama pada pelaksanaan tugas sesuai amanat undang-undang. Sesuai pasal 9 undang-undang nomor 34 tahun 2004 tentang TNI, telah diatur 5 (lima) tugas angkatan laut, yakni bidang pertahanan matra laut, penegakan hukum dan keamanan maritim,diplomasi maritim, pembangunan dan pengembangan kekuatan maritim, dan pembinaan wilayah pertahanan laut.

Hal tersebut dikemukakan Kasal, Laksamana Tni Siwi Sukma Adji, S.E., MM dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Danlantamal XI Merauke, Brigjen Tni (Mar) Lukman, St, M.Si (Han) pada upacara peringatan Hut Ke-74 TNI Angkatan Laut di lapangan upacara Makolantamal XI kemarin. Lebih lanjut dikemukakan, beberapa langkah dan strategi baru telah diterapkan, agarsecara efektif dapat memenuhi komitmen kita kepada bangsa dan negara. Komitmen ini ditujukan untuk membuat struktur kekuatan angkatan laut agar lebih effisien dan selalu berorientasi pada hasil serta kesiapan operasi.

M ewujudkan sebuah kekuatan angkatan laut yang profesional dan modern, tentunya dimulai dari bidang perencanaan pembangunan kekuatan. Modernisasi alutsista yang ditujukan untuk mencapai kesiapan tempur telah ditata dalam perencanaa dan selalu siap dioperasionalkan atau dikenal dengan operational ready force. Kesiapan ini hanya bisa dicapai dengan pemenuhan personil yang profesional di bidangnya, pemenuhan senjata dan amunisi sesuai bekal pokok, kelengkapan sarana dan prasarana, serta dukungan logistik terpadu.

Dengan demikian, TNI Angkatan Laut diharapkan akan mencapai postur yang diharapkan baik secara kualitas maupun kuantitas Saat ini, berbagai alutsista TNI, baik berupa kapal perang dan pesawat udara patroli maritim sedang dibangun. hal ini merupakan suatu kebanggaan bahwa industri pertahanan dalam negeri turut berkontribusi besar dalam membangunkemampuan tempur tni angkatan laut. Kekuatan tempur angkatan laut semakin bertambah dengan masuknya perusak kawal rudal (pkr) kelas Raden Eddy Martadinata, heli anti kapal selam, kapal selam kelas nagapasa, kapal patroli, kapal angkut pasukan, perlengkapan tempur marinir dan peningkatan kekuatan pendukung, seperti kapal rumah sakit dan pangkalan-pangkalan angkatan laut.

Dibaca 60 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.