Inilah 10 Cabor PON XX Masuk Daftar Dicoret | Pasific Pos.com

| 21 September, 2019 |

Atlet Pon Papua 2020 Atlet Pon Papua 2020

Inilah 10 Cabor PON XX Masuk Daftar Dicoret

Headline Penulis  Selasa, 10 September 2019 02:28 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Jayapura,- Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XX tahun 2020 Papua nantinya akan mempertandingkan sekitar 37 cabor pertandingan. Jumlah tersebut merupakan hasil rasionalisasi yang dilakukan oleh pihak Kemenpora, Papua sebagai tuan rumah, dan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat.

Gubernur Papua Lukas Enembe yang juga selaku ketua umum PB PON menyatakan, hanya sesuai dengan arahan Presiden dalam Rapat Kabinet Terbatas PON harus dilaksanakan tahun 2020. Namun terkait dengan cabor yang akan dicoret itu akan dibahas lagi dengan KONI Pusat.

Dalam daftar cabor PON yang berpotensi di kurangi adalah balap sepeda, bridge, Kriket, dansa, gateball, pentaque, ski air, soft tenis, tenis meja, woodball. "cabor ini yang kita minta dicoret, tapi kan masih akan dibahas lagi, kita juga usulkan cabor yang memudahkan Papua mendapat medali, kita tuan rumah kalau kalah itu kan tidak benar, sebagai tuan rumah pasti ingin meraih emas sebanyak-banyaknya," katanya kepada pers di Jayapura, Senin (9/9/2019).

Gubernur Papua, Lukas Enembe mengatakan, bahwa pengurangan cabor-cabor tersebut berdasarkan hasil rapat terbatas Presiden dan pemerintah Papua mengenai kesiapan Papua sebagai tuan rumah sehingga diputuskan pengurangan cabor dari 47 menjadi 37 cabang olahraga yang akan dipertandingan pada event olahraga empat tahunan tersebut.

Dijelaskan Gubernur, bahwa 10 cabang olaharaga tersebut masih dalam tahap pembahasan dan akan difinalkan dalam beberapa waktu kedepan. “Cabor ini yang sementara dibahas di KONI Provinsi, karena kita melihat cabor-cabor yang memudahkan kita mendapat medali emas bagi kontingen Papua, masa kita tuan rumah baru kalah, harus menang dong,” ujarnya pria yang juga menjabat sebagai Ketua PB PON dan KONI Papua itu.

“Saya juga meminta kepada masing-masing cabang olahraga untuk wajib menyumbangkan medali emas, sehingga kita bisa mencapai target masuk pada lima besar. Kita tuan rumah juga harus juara satu dari kontingen di luar pulau jawa, kita tidak boleh kalah dengan kontingen diluar jawa,” tegasnya.

Sekedar diketahui, untuk kluster penyelenggara pertandingan terdiri dari Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura dan Kabupaten Mimika. Sementara untuk kluster penyengga Kabupaten Merauke dan Kabupaten Keerom.

Dibaca 113 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.