Yamra Mampu Hasilkan Lulusan Berkualitas | Pasific Pos.com

| 14 November, 2019 |

Proses penandatanganan berita acara usai pelantikan (foto:iis) Proses penandatanganan berita acara usai pelantikan (foto:iis)

Yamra Mampu Hasilkan Lulusan Berkualitas

Papua Selatan Penulis  Senin, 09 September 2019 13:48 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

MERAUKE,ARAFURA,-Dalam hal pendidikan, Yayasan Masjid Raya (Yamra) Merauke telah menghasilkan banyak lulusan yang berkualitas, salah satunya lembaga pendidik tinggi milik Yamra yakni STIT juga telah menghasilkan ratusan lulusan yang mengabdi di daerah ini. Bahkan ada salah satu lulusan dari pondok pesantren Yamra yang menjadi dosen luar biasa di Jambi dengan gelar doktor. Pihak yayasan akan berupaya agar alumni asal Sermayam itu dapat membantu pengelolaan yayasan ke depan nanti. Hal tersebut disampaikan mantan Ketua Yamra, Drs.H.Muh.Yusuf Effendi pada serah terima jabatan dan pelantikan pengurus Yamra masa bakti 2019-2024 di Swiss-Belhotel Kamis lalu.

Menurutnya, kualitas lulusan Yamra tidak perlu diragukan lagi. Sebab banyak lulusan yang berhasil diterima tanpa biaya di sejumlah perguruan tinggi ternama. Hal ini menunjukkan bahwa pondok pesantren Yamra memiliki para santri yang berprestasi sehingga besar harapan mereka akan kembali mengabdikan diri ke almamaternya. Untuk itu ia berharap pengurus yang baru dapat melihat hal ini sebagai sebuah potensi dalam hal SDM yang perlu dikembangkan lebih jauh. Terlebih lagi banyaknya tantangan yang dihadapi saat ini, salah satunya minimnya tenaga guru khusus Agama Islam. Kalaupun ada, bukan tenaga guru yang memiliki basic pendidikan agama Islam yang mengajar namun masih ada yang dilakukan oleh guru yang kebetulan beragama Islam.

Jadi perlu adanya upaya untuk menjaring lulusan khusus guru agama di daerah ini dan pihak yayasan akan ikut mendorong hal tersebut. Ia menambahkan bahwa saat ini yayasan juga tengah membangun asrama dua tingkat demi meningkatkan fasilitas yang ada serta mengupayakan sejumlah rencana lainnya demi pengembangan ke depan. Yusuf Effendi mengemukakan bahwa pelantikan pengurus baru adalah momen yang sudah cukup lama ditunggu. Diharapkan pengelolaan yayasan bisa lebih profesional meskipun berbagai kendala kerap dihadapi. Di antaranya pengurus yang sudah meninggal dunia dan ada yang kembali ke kampung halaman sehingga perjalanan yayasan ini belum dapat dikelola dengan profesional.

Namun begitu berkat komitmen bersama pada akhirnya Yamra mampu berjalan hingga saat ini bahkan sudah memiliki lembaga pendidikan yang cukup lengkap, mulai tingkat dasar hingga perguruan tinggi. Jumlah siswa dan mahasiswa yang masuk terus mengalami perkembangan cukup pesat hingga ribuan lebih. Pihak yayasan sampai tidak bisa menampung semua pendaftar karena keterbatasan tempat. Oleh sebab itu dengan kepengurusan yang baru diharapkan dapat memprogramkan hal ini sehingga anak-anak yang mendaftar dapat tertampung.

Dibaca 65 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.