Unmus Resmi Buka Program Pendidikan Profesi Guru | Pasific Pos.com

| 20 October, 2019 |

Dekan FKIP UNMUS, Drs.Lay Riwu, M.Hum (foto:ist) Dekan FKIP UNMUS, Drs.Lay Riwu, M.Hum (foto:ist)

Unmus Resmi Buka Program Pendidikan Profesi Guru

Papua Selatan Penulis  Minggu, 08 September 2019 15:29 0
Beri rating artikel ini
(2 voting)

MERAUKE,ARAFURA, Dekan FKIP UNMUS, Drs.Lay Riwu, M.Hum mengemukakan bahwa program Pendidikan Profesi Guru (PPG) dibuka oleh Unmus untuk membantu para lulusan FKIP UNMUS mengingat ketika mereka lulus dengan gelar S1 belum bisa langsung menjadi guru. Jadi harus mengikuti program ini terlebih dahulu dan untuk realisasi PPG sendiri, UNMUS telah melakukan berbagai upaya sejak lama. Sejak tahap pengusulan hingga pada akhirnya mendapatkan ijin resmi, semua dilakukan semata-mata demi mendekatkan pelayanan kepada masyarakat di kawasan selatan Papua terkait dengan peningkatan SDM, terlebih khusus di bidang pendidikan.

Upaya ini sudah dirintis sejak dua tahun yang lalu, yakni pada tahun 2017 dan 2018 lalu. Perjuangan yang dilakukan oleh UNMUS memang tidak mudah namun sejumlah kendala yang dihadapi secara bertahap mampu dilalui dengan baik. “Akhirnya melalui pertemuan dan koordinasi yang dilakukan oleh pimpinan dengan pihak terkait di Jakarta serta dengan berpedoman pada program Presiden Jokowi sehingga ijin yang ditunggu-tunggu akhirnya dapat diberikan. Jadi sekarang UNMUS sudah bisa membuka program PPG,”terang Lay Riwu kepada ARAFURA News via telepon seluler, Jumat (6/9).

Lebih lanjut ia mengungkapkan, pihak kampus saat ini tengah gencar melakukan berbagai persiapan dan direncanakan dalam waktu dekat akan segera diumumkan kepada publik, khususnya kepada seluruh lulusan UNMUS agar dapat mendaftar dan mengikuti PPG. “Setelah mereka lulus mengikuti program ini maka sudah sah menjadi seorang guru. Artinya, ketika baru lulus kuliah dengan predikat S1 mereka baru berstatus calon guru. Jadi harus mengikuti PPG untuk bisa mendapatkan sertifikat resmi sebagai bekal mereka mengajar dengan status guru,”tukas Lay Riwu.

Lebih lanjut ia menambahkan, ada tiga kelompok ilmu yang dibuka dalam program PPG yaitu pendidikan matematika, kimia dan fisika. Proses perkuliahan akan mulai dilaksanakan setelah kampus melengkapi semua sarana dan prasarana dalam waktu dekat ini. Ada dua kategori yang tercakup dalam PPG ini, yaitu PPG dalam jabatan dan PPG pra jabatan. Pihak kampus akan mendahulukan untuk melaksanakan PPG pra jabatan guna menjawab kebutuhan lulusan FKIP UNMUS. Namun jika ada lulusan dari luar yang ingin bergabung melalui PPG jalur mandiri maka pihak kampus akan tetap mengakomodir. Sedangkan untuk jumlah mahasiswa dibatasi hanya 30 orang dalam satu kelas dan ini sudah sesuai dengan kuota nasional.

Dibaca 302 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.