Zonasi Berdampak Positif Untuk Pemerataan | Pasific Pos.com

| 22 November, 2019 |

Aktifitas belajar siswa SMAN 2 (foto:iis) Aktifitas belajar siswa SMAN 2 (foto:iis)

Zonasi Berdampak Positif Untuk Pemerataan

Papua Selatan Penulis  Jumat, 06 September 2019 13:02 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

MERAUKE,ARAFURA,- Kepala Sekolah SMAN 2 Merauke, Djils Asrico Sahede, S.Pd mengemukakan bahwa zonasi pendidikan memiliki dampak positif ketika diterapkan karena akan ada pemerataan bagi setiap sekolah untuk mendapatkan siswa yang unggul dan berprestasi. Namun ketika zonasi tidak diberlakukan maka akan menyebabkan terjadinya penumpukan siswa unggul hanya di sekolah-sekolah tertentu. Sedangkan dengan zonasi maka akan ada keseimbangan dan siswa yang bersangkutan juga bisa ikut berperan dalam mengangkat nama sekolah dengan prestasinya.

Namun diakui jumlah siswa baru yang mendaftar di daerah ini tidak membludak seperti di kota-kota besar dan zonasi dapat diberlakukan ketika daya tampung sekolah kurang. Namun jika sebaliknya, justru peminat yang kurang maka akan sangat sulit terlebih jika harus dilakukan seleksi. Untuk SMAN 2 sendiri, saat penerimaan siswa baru beberapa waktu lalu menyediakan kuota hingga 325 orang dan begitu kuota sudah tercapai maka pendaftaran langsung ditutup. “Semua dilakukan secara transparan dan kita tetap berpatokan pada target yang sudah ditetapkan.

Oleh sebab itu kita tidak bisa menerima dengan jumlah melebihi dari target awal,” jelasnya kepada ARAFURA News saat ditemui di SMAN 2 Rabu lalu. Lebih lanjut ia menjelaskan, meskipun siswa tinggal jauh dari sekolah namun jika sikap disiplin selalu ditanamkan maka yang bersangkutan tidak akan mengalami kendala untuk datang tepat waktu. Begitu pula sebaliknya, sedekat apapun tempat tinggal siswa dengan sekolah namun jika tidak disiplin maka akan menjadi kesalahan siswa itu sendiri kalau terlambat ke sekolah. Oleh sebab itu saat pendaftaran dibuka, pihaknya benar-benar mengharapkan agar calon siswa dapat memanfaatkan waktu dengan baik sehingga tidak terlambat mendaftar.

Dibaca 58 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.