Disdikbud Kota Jayapura Gelar Lomba Pendidikan Keakrasaraan | Pasific Pos.com

| 16 November, 2019 |

peserta lomba pendidikan keaksaraan peserta lomba pendidikan keaksaraan

Disdikbud Kota Jayapura Gelar Lomba Pendidikan Keakrasaraan

Pendidikan & Kesehatan Penulis  Jumat, 30 Agustus 2019 15:43 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

 

JAYAPURA - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Jayapura menggelar lomba pendidikan keaksaraan bagi warga belajar keaksaraan Usaha Mandiri dan Multi Aksara di Aula PKBM Shaloom Jayapura, Rabu (28/08/19).

Kepala Seksi Pendidikan Keserataan Keaksaraan dan Keluarga Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Jayapura, Nur Jaya, menyatakan peserta lomba sudah mendapatkan surat melekaksara.

"Ada 30 peserta dari PKBM yang melaksanakan program pendidikan keaksaraan ada 10 (masing-masing PKBM tiga orang). Dewan juri dari Pamong Belajar Pendidikan Keaksaraan BP PAUD Dikmas wilayah Papua dan Papua Barat," jelas Nur Jaya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Jayapura, Fahrudin Pasolo, menyatakan lomba pendidikan keaksaraan bagi warga belajar keaksaraan Usaha Mandiri dan Multi Aksara sebagai sarana evaluasi untuk mengetahui perkembangan pendidikan penuntasan aksara.

"Lomba ini untuk menguji kemampuan, memahami, mengenal huruf, menulis, dan bisa membaca. Saya memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pengelola PKBM, dan pata tutor atas dedikasinya dan kerja kerasnya membekali letarasi aksara kepada masyarakat yang berusia 15-60 tahun yang belum bisa membaca," ujarnya.

Menurut Fahrudin, program penuntasan buta aksara menjadi salah satu program prioritas pemerintah Kota Jayapura, karena penuntasan buta aksata uang di dalamnya ada proses pembelajaran.

"Tidak dipungkiri, jika di Kota Jayapura masih ada masyarakat kita yang masih menyandang buta aksara. Sehingga harus ada program berkelanjutan dan berkesinambungan untuk mempercepat penuntasan buta aksara. Keberhasilan program ini tentunya harus mendapat dukungan dari semua elemen masyarakat," tuturnya.

Dibaca 101 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.