Racana Unmus Diminta Giat Dalam Pengabdian | Pasific Pos.com

| 15 November, 2019 |

Pembina UKM Racana Unmus, Marsujitullah, S.Kom, MT (foto:ist) Pembina UKM Racana Unmus, Marsujitullah, S.Kom, MT (foto:ist)

Racana Unmus Diminta Giat Dalam Pengabdian

Papua Selatan Penulis  Kamis, 29 Agustus 2019 16:05 0
Beri rating artikel ini
(1 Voting)

MERAUKE,ARAFURA,-58 tahun sudah Pramuka Indonesia berkarya dari ujung Indonesia bagian Sabang, hingga Merauke, dari Miangas Sampai Rote. Khusus untuk Pramuka Perguruan Tinggi di Universitas Musamus, Pramuka Racana UNMUS telah terbentuk kurang lebih 10 tahun yang lalu. Bagi Pramuka Racana Unmus, pengabdian, penelitian dan juga pengajaran harus berimbang yang bisa dirasakan untuk masyarakat luas khusus di Kabupaten Merauke dan secara luas untuk Masyarakat Indonesia. “Kegiatan demi kegiatan terus dilaksanakan dengan mengacu pada Tri Darma Perguruan Tinggi, Tri Satya dan juga Dasa Darma Pramuka serta bersinergi dengan pihak Universitas Musamus, pemerintah serta Kwartir Cabang Pramuka Merauke. Selaku pembina, saya menghimbau agar peserta didik khususnya mahasiswa dan mahasiswi yang tergabung dalam UKM Racana Unmus agar tetap giat dalam melaksanakan pengabdian, serta tidak melupakan tugas utama sebagai mahasiswa dalam menempuh pendidikan tinggi,”jelas Pembina UKM Racana Unmus, Marsujitullah, S.Kom, MT kepada ARAFURA News via telepon seluler Senin lalu.

Marsujitullah juga meminta mahasiswa untuk membesarkan organisasi yang dinaungi sebab kelak organisasi itulah yang akan membesarkan mereka. Pramuka adalah singkatan dari Praja Muda Karana dan merupakan organisasi atau gerakan kepanduan. Pramuka adalah sebuah organisasi yang merupakan wadah proses pendidikan kepramukaan yang dilaksanakan di Indonesia. Dalam dunia internasional, Pramuka disebut dengan istilah “Kepanduan” (Boy Scout). Gerakan Pramuka memiliki kode Kode Kehormatan Pramuka, sebagaimana yang tertuang dalam Anggaran Dasar Pramuka, Gerakan Pramuka memiliki Kode Kehormatan yang terdiri atas janji yang disebut Satya dan ketentuan moral yang disebut Darma Kode Kehormatan Pramuka.

Disesuaikan dengan golongan usia dan perkembangan rohani dan jasmaninya, yaitu : Kode Kehormatan Pramuka Siaga terdiri atas Dwisatya dan Dwidarma, Kode Kehormatan Pramuka Penggalang, Penegak dan Pandega terdiri atas Trisatya Pramuka Penggalang, Penegak, Pandega dan Dasa Dharma. Pramuka Indonesia dianggap lahir pada tahun 1961. Hal ini mengacu pada Keputusan Presiden RI No. 112 Tahun 1961 tanggal 5 April 1961, tentang Panitia Pembantu Pelaksana Pembentukan Gerakan Pramuka dan dipertegas lagi dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 238 tahun 1961.

Secara resmi Gerakan Pramuka diperkenalkan kepada khalayak pada tanggal 14 Agustus 1961 sesaat setelah Presiden Republik Indonesia memberikan anugerah Panji Gerakan Pramuka melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 448 Tahun 1961. Sejak itulah maka tanggal 14 Agustus dijadikan sebagai Hari Ulang Tahun Gerakan Pramuka dan hingga saat ini diperingati setiap tahunnya. Khusus Pramuka Racana, biasa juga disebut sebagai kumpulan Pramuka Pandega meski nyatanya terdapat golongan Pramuka Penegak.

Anggota Pramuka yang termasuk dalam golongan ini adalah yang berusia dari 21 tahun sampai dengan 25 tahun. Pramuka Pandega memiliki jenis kegiatan yang sama dan dilakukan bersama-sama dengan Pramuka Penegak. Pembinaan Pramuka Pandega dilakukan mulai dari tingkat Gugus Depan dalam satuan yang disebut Racana, dan di tingkat Kwartir dapat mengikuti Satuan Karya dan Dewan Kerja. “ Hari ini kalian generasi muda membangun tenda, esok kalian akan membangun bangsa ini lebih maju lagi. Selamat Hari Pramuka tahun 2019, Satu Pramuka untuk Satu Indonesia. Scout today leader tomorrow,””pungkasnya.

Dibaca 97 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.