Disdikbud Kota Jayapura Gelar Sosialisasi Penuntasan Buta Aksara | Pasific Pos.com

| 12 November, 2019 |

Warga belajar keaksaraan saat mengikuti sosialisasi Warga belajar keaksaraan saat mengikuti sosialisasi

Disdikbud Kota Jayapura Gelar Sosialisasi Penuntasan Buta Aksara

Pendidikan & Kesehatan Penulis  Kamis, 29 Agustus 2019 15:33 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

 

JAYAPURA - Kota Jayapura merupakan ibukota Provinsi Papua menjadi destinasi pilihan bagi masyarakat di wilayah Papua maupun dari luar Papua, yang datang dengan berbagai latar belakang baik itu sosial, ekonomi maupun pendidikan.

Penuntasan Tuna Aksara di Kota Jayapura terus dilakukan sehingga berimbas turunnya angka Tuna Aksara dari tahun ke tahun. Pada 2009, angka Tuna Aksara mencapai 0,77 persen dan pada 2013 mengalami penurunan yang cukup signifikan, yaitu mencapai 0,14 persen.

Data pada 2014, angka melek aksara mencapai 99,90 persen. Pada 2015, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memberikan penghargaan Anugerak Aksara atas capaian melek aksara mencapai 99,91 persen pada 2017 mencapai 99,93 persen.

Dalam rangka akselerasi penuntasan buta aksara secara berkesinambungan maka perlu dilakukan langkah-langkah antisipasi dan responsif terhadap kemungkinan bertambahnya angka buta aksara di Kota Jayapura.

Salah satu langkah awal mengantisipasi adalah dengan gencar melakukan sosialisasi penuntasan buta aksara secara bersama-sama dari semua elemen di masyarakat, diantaranya melalui sosialisasi sebagai bentuk penuntasan buta aksara menuju smart city di Kota Jayapura.

Sosialisasi yang berlangsung di Aula PKBM Shaloom Jayapura, Rabu (28/08/19) diikuti sejumlah 100 peserta, yang terdiri dari pengelola pusat kegiatan belajar masyarakat, tutor pendidikan keaksaraan, dan warga belajar keaksaraan.

Adapun narasumber yang dihadirkan dalam kegiatan sehari ini, yaitu Kepala Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (BP PAUD Dikmas) Wilayah Papua dan Papua Barat, dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaa Kota Jayapura.

"Tujuan sosialisasi akselerasi penuntasan buta aksara, yaitu menyebarluaskan informasi tentang pentingnya penuntasan buta aksara, mengajak semua elemen masyarakat untuk turun serta dalam program penuntasan buta akasara di Kota Jayapura," ujar Kepala Seksi Pendidikan Keserataan Keaksaraan dan Keluarga Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Jayapura, Nur Jaya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Jayapura, Fahrudin Pasolo, menyambut baik adanya sosialisasi akselerasi penuntasan buta aksara sebagai bentuk komitmen Pemerintah Kota Jayapura menuju smart city.

"Kegiatan ini kalau bisa jangan rutin dilaksanakan, karena kalau rutin masih ada warga buta aksara. Mari terus termotifasi untuk belajar, karena kalau tidak bisa membaca dunia itu gelap. Dengan bisa membaca kita berhitung dan memahami sehingga bisa terbuka kita punya wawasan," jelasnya.

Diakui Fahrudin, program penuntasan buta aksara guna mewujudkan Kota Jayapura yang beriman, bersatu, sejahtera, mandiri, dan modern berbasis kearifan lokal menuju Kota Jayapura sebagai kota smart city.

"Kami terus berusaha menurunkan angka buta huruf sampai zero. Kami mengajak semua elemen masyarakat untuk pro aktif mendeteksi dini masyarakat yang masih buta aksara menuju Kota Jayapura smart city," jelasnya.

Dibaca 122 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX