PON Sebagai Ajang Promosi Pariwsata dan Ekonomi Kreatif Papua | Pasific Pos.com

| 20 September, 2019 |

PON Sebagai Ajang Promosi Pariwsata dan Ekonomi Kreatif Papua

Info Papua Penulis  Kamis, 22 Agustus 2019 20:10 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Jayapura,- Gubernur Papua Lukas Enembe menyatakan penetapan Provinsi Papua sebagai tuan rumah PON XX Tahun 2020 merupakan salah satu upaya untuk mempercepat pembangunan Provinsi Papua.

Melalui pembangunan berbagai sektor di Provinsi Papua yang harus dipercepat untuk penyelenggaraan PON Tahun 2020 akan memberikan dampak terhadap pengembangan wilayah ekonomi di Provinsi Papua.

Demikian disampaikan Gubernur Papua Lukas Enembe dalam sambutannya yang dibacakan Asisten Bidang Pembangunan dan Kesejahteraan rakyat Sekda Papua, Muhammad Musa'ad pada Rapat Koordinasi Teknis Pembangunan Venue dan Inftrastruktur PON XX tahun 2020, Kamis (22/8/2019).

Menurut Gubernur, PON XX Tahun 2020 bukan saja sebagai event kompetisi olahraga, tapi juga merupakan ajang promosi pariwisata dan ekonomi kreatif Papua.

Untuk itu, penyediaan infrastruktur penunjang PON XX harus dirancang secara komprehensif untuk mendukung kelancaran aktivitas di venue atau arena pertandingan, penginapan atlit, pelayanan kesehatan, konsumsi, tempat wisata, pusat- pusat perdagangan dan fasilitas sosial dan ekonomi lainnya.

Salain itu, katanya, tugas penyiapan venue dan infrastruktur penunjang dilaksanakan oleh berbagai instansi di Pusat, Provinsi, Kabupaten/Kota dan BUMN/Swasta.

Untuk itu perlu adanya koordinasi dan sinkronisasi yang terus menerus untuk memastikan pembagian peran masing-masing pihak dalam penyiapan venue dan infrastruktur dapat berjalan secara terpadu dan terintegrasi.

Gubernur berharap agar Rapat Koordinasi Pembangunan Venue dan Infrastruktur PON XX, akan mencapai tujuan yang diharapkan yaitu, Koordinasi Program Pembangunan Venue dan infrastruktur Penunjang PON XX di 10 kabupaten dan kota se Papua

Mensinkronkan keterpaduan rencana teknis pelaksanaan pembangunan venue dan infrastruktur penunjang PON XX oleh masing -masing pelaksana, dan menyusun kesepakatan dan strategi bersama untuk percepatan penyelesaian pembangunan venue dan infrastruktur penunjang PON XX.

Lanjutnya, penyelenggaraan PON XX berbasis kluster kewilayahan yang tersebar di 5 wilayah adat dimaksudkan untuk menjadikan penyelenggaraan PON XX selaras dengan pengembangan kebijakan wilayah Provinsi Papua.

Dengan demikian, PON XX akan menjadi momentum bagi Provinsi Papua untuk melakukan percepatan dan pemerataan pembangunan.

Untuk mempersiapkan Provinsi Papua menjadi Tuan Rumah Pelaksanaan PON XX tahun 2020, maka perlu dipersiapkan dengan baik lnfrastruktur panunjang. baik Transportasi, Telekomunikasi. Air Beraih. Sanitasi. Kelistrikan. dan lain-Iain.

"Salah satu kunci sukses pelaksanaan PON XX Tahun 2020 adalah katersediaan lntrastruktur panunjang," katanya.

Dibaca 54 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX