Sejumlah Tempat Usaha Dijarah dan Dirusak, Kantor Pemerintah Dibakar | Pasific Pos.com

| 21 September, 2019 |

Sejumlah Tempat Usaha Dijarah dan Dirusak, Kantor Pemerintah Dibakar

Papua Barat Penulis  Kamis, 22 Agustus 2019 14:48 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Manokwari, TP – Kerusuhan yang terjadi di sela-sela aksi unjuk rasa di Kabupaten Manokwari, Senin (19/8), menyebabkan sejumlah kantor pemerintah dibakar, sejumlah toko dijarah, dan pembakaran beberapa kendaraan bermotor.

Dari pantauan Tabura Pos, Senin (19/8) dan Selasa (20/8), aksi unjuk rasa tanpa pengawalan ketat aparat TNI dan Polri itu, massa yang tidak terkendali membakar Gedung DPR Papua Barat, Kantor Majelis Rakyat Papua Barat (MRPB), dan eks Kantor Gubernur Papua Barat yang terletak di Jl. Siliwangi.

Di halaman Kantor DPR Papua Barat, sebanyak 2 mobil dibakar, 1 mobil dan 1 bus dirusak. Sementara di halaman eks Kantor Gubernur Papua Barat, 2 bus dan 1 truk Satpol PP Kabupaten Manokwari ikut menjadi sasaran amukan massa.

Di samping itu, ATM dan Pos Satpol PP turut dirusak. Kantor PT Pelni Cabang Manokwari dan PT Pos Indonesia yang juga terletak di Jl. Siliwangi, juga menjadi sasaran pelemparan, sehingga kaca-kacanya pecah.

Massa yang belum teridentifikasi juga membakar tribun di Lapangan Borarsi, Toko Haway Bakery, dan Papua Net. Sementara toko ponsel, Emond menjadi sasaran penjarahan, termasuk show room Daihatsu.

Pengrusakan juga terjadi di Emji Resto, Perpustakaan Daerah, Black House Resto, Billy Jaya Hotel, Bank Panin, termasuk ATM di depan CV Teguh turut dirusaki.

Bukan hanya itu, massa juga merusak rambu-rambu lalu lintas, tiang listrik, dan menebang pohon yang tumbuh di sekitar jalan raya. Tujuan penebangan pohon untuk memblokade jalan, sehingga arus lalu lintas lumpuh total.

Di sepanjang Jl. Trikora, Wosi hingga Jl. Drs. Esau Sesa, rata-rata jalan juga diblokade, seperti di depan Fajar Roon, SPBU Biryosi, eks Kantor Bupati Manokwari, depan BCA, Taman Ria, Rendani, depan Papua Forest, dan depan jalan menuju tanjakan ke Kantor Bupati Manokwari.

Hingga berita ini diturunkan, belum diketahui pasti jumlah kerugian materil atau korban luka-luka akibat kerusuhan itu. Namun, sudah dipastikan tidak ada korban jiwa akibat kerusuhan tersebut. [BOM/SDR-R1] 

Dibaca 162 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX