Penghargaan Bagi Media Massa Diberikan Tiap Tahun | Pasific Pos.com

| 16 December, 2019 |

Para wartawan saat mengikuti penutupan (foto:iis) Para wartawan saat mengikuti penutupan (foto:iis)

Penghargaan Bagi Media Massa Diberikan Tiap Tahun

Papua Selatan Penulis  Kamis, 22 Agustus 2019 14:36 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

MERAUKE,ARAFURA,-Kepala Balai Bahasa Papua, Suharyanto, MA mengemukakan bahwa pemerintah melalui Lembaga Pengembangan Bahasa dan Perbukuan setiap tahun memberikan penghargaan kepada media massa yang ada di seluruh Indonesia. Tidak terkecuali bagi media massa yang ada di Provinsi Papua dan Papua Barat juga mempunyai kesempatan yang sama. Adapun yang menjadi obyek penilaian antara lain penggunaan Bahasa Indonesia pada bagian tajuk rencana. Namun berdasarkan pengamatan, rata-rata media massa khususnya koran-koran yang ada di wilayah Papua, pihaknya memang belum menemukan kolom tajuk rencana tersebut.

Selanjutnya poin kedua yang dinilai adalah kolom berita utama dan ini pastinya ada di seluruh koran. Tahun ini pihak Balai Bahasa juga sudah mengumpulkan sejumlah koran terutama terbitan Bulan Juni, Juli dan Agustus. Berita utama dari koran-koran terbitan Papua juga sudah dikirimkan meskipun belum semuanya. Diakui bahwa penghargaan yang diperjuangkan belum bisa terealisasi namun hal tersebut bukan menjadi tujuan utama dan tidak menjadi kendala dalam upaya menyempurnakan penggunan Bahasa Indonesia. Sebab jika belum memenuhi persyaratan maka tidak akan lolos.

“Oleh sebab itu kami mengharapkan agar kita di wilayah timur ini dapat menunjukkan bahwa kita juga memiliki kapasitas yang sama dengan teman-teman lain yang ada di luar Papua,”terangnya pada penutupan pelatihan Bahasa Indonesia bagi wartawan di aula SMKN 3 Merauke belum lama ini. Lebih lanjut dikemukakan, sebagai warga negara kita dapat memiliki kebanggaan terhadap kekayaan yang kita miliki dalam hal ini kekayaan Bahasa Indonesia.

Tidak hanya kebanggaan namun sikap positif juga harus ditunjukkan dengan menggunakan Bahasa Indonesia pada tempatnya. Khususnya bagi para wartawan karena apa yang ditulis di media masing-masing, secara langsung maupun tidak langsung akan diikuti oleh pembaca. Oleh sebab itu bahasa yang digunakan adalah Bahasa Indonesia yang sudah seharusnya digunakan karena pembaca akan terbiasa untuk mengikuti. “Melalui wartawan maka Bahasa Indonesia dapat semakin diperluas penggunaannya tentunya sesuai denga kaidah yang ada,”ujarnya.

Dibaca 80 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.