Masyarakat Korban Luapan Air Danau Sentani Akan Dibantu 22 Unit Perahu | Pasific Pos.com

| 20 September, 2019 |

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE., M.Si. Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE., M.Si.

Masyarakat Korban Luapan Air Danau Sentani Akan Dibantu 22 Unit Perahu

Kabupaten Jayapura Penulis  Rabu, 21 Agustus 2019 21:20 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

SENTANI - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) akan membantu 22 unit perahu motor untuk masyarakat di 22 kampung yang ada di Danau Sentani. Karena di 22 kampung itu terdampak luapan air Danau Sentani.

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kabupaten Jayapura, Drs. Sumartono mengatakan, bantuan sebanyak 22 unit kapal itu merupakan usulan dari Bupati Jayapura kepada Kepala BNPB.

“Jadi, bantuan 22 unit perahu itu atas usulan atau pengajuan dari bapa Bupati yang mengajukan ke Kepala BNPB. Dimana, pak bupati itu mengajukan sebanyak 22 unit perahu untuk 22 kampung yang ada di Danau Sentani dan ditambah 2 unit perahu untuk Pemkab Jayapura. Sehingga total secara keseluruhan bantuan perahu yang akan diberikan oleh BNPB itu sebanyak 24 unit perahu,” ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (21/8) siang.

Dia menuturkan, bantuan perahu motor tersebut ada tujuh (7) unit yang sudah dalam perjalanan menuju Kabupaten Jayapura, dan sisa 15 unit lainnya akan tiba di Kabupaten Jayapura pada tanggal 2 September 2019 mendatang.

“Bantuan perahu yang akan diberikan BNPB ini khusus bagi masyarakat di 22 kampung yang menjadi korban luapan air Danau Sentani. Kemudian bantuan perahu ini tidak cocok di pesisir pantai atau laut lepas, karena perahu ini mempunyai modifikasi yang hanya cocok di air danau saja,” tuturnya.

“Secara simbolis penyerahan bantuan 22 unit perahu ini akan dilakukan oleh Kepala BNPB yang akan datang ke Kabupaten Jayapura pada awal September 2019 nanti. Jadi, bantuan perahu ini bagi kampung-kampung terdampak meluapnya air Danau Sentani dan tiap-tiap kampung akan menerima masing-masing satu unit perahu,” tukasnya.

Sementara itu, Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE., M.Si., ketika dikonfirmasi usai melakukan pertemuan dengan BNPB di VIP Room Kantor Bupati Jayapura itu mengatakan, bahwa BNPB akan membantu masyarakat yang ada di Danau Sentani yang menjadi korban dari air pasang itu.

“Bantuan dari BNPB ini berupa spead, tapi modelnya agak lain dan jumlahnya ada 22 unit. Kita lihat apakah model (perahu) seperti itu bisa di pesisir pantai atau di laut, karena perahu ini tidak bisa tahan gelombang juga. Sedangkan penyerahannya secara resmi direncanakan pada tanggal 4 September 2019. Bantuan 22 unit perahu ini untuk 22 kampung, jadi masing-masing kampung terima satu unit perahu,” ujar Mathius Awoitauw.

Dibaca 59 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.