Pemda Merauke Kembali Gelar Lomba Kadarkum | Pasific Pos.com

| 18 October, 2019 |

Kabag Hukum Setda Kabupaten Merauke, Yoseph Gebze, SH (foto:iis) Kabag Hukum Setda Kabupaten Merauke, Yoseph Gebze, SH (foto:iis)

Pemda Merauke Kembali Gelar Lomba Kadarkum

Papua Selatan Penulis  Rabu, 21 Agustus 2019 18:29 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

MERAUKE,ARAFURA,-Pemda Merauke dalam hal ini Bagian Hukum Setda Kabupaten Merauke kembali menggelar lomba Keluarga Sadar Hukum (Kadarkum) yang memang rutin dilaksanakan oleh Pemda Merauke dengan membidik berbagai kelompok sasaran, antara lain dari kalangan GOW, PKK, kelurahan hingga dari kalangan sekolah. Kali ini yang dilibatkan para siswa di tingkat SMA, SMK dan MA yang ada di Kabupaten Merauke.

Tercatat ada 13 sekolah yang mendaftar dan materi yang dilombakan erat kaitannya dengan undang-undang lalu lintas, undang-undang narkotika dan undang-undang perlindungan anak dan Perda Nomor 2 Tahun 2017 tentang perlindungan anak. Kabag Hukum Setda Kabupaten Merauke, Yoseph Gebze, SH kepada wartawan di auditorium Kantor Bupati belum lama ini mengemukakan bahwa pihaknya berharap pada pelaksanaan lomba tahun depan materi yang dilombakan tidak hanya 3 atau 5 Perda namun sesuai dengan standar nasional oleh Badan Pembinaan Hukum Nasional maka ada 6 undang-undang yang akan dilombakan setiap pelaksanaan lomba Kadarkum.

Hal ini bukan menjadi beban namun sebatas penambahan materi sehingga sekolah-sekolah atau peserta dari kalangan lainnya dapat lebih mempersiapkan diri dengan baik. “Kita sudah melakukan temu kadarkum kurang lebih sebulan yang lalu dan dalam kesempatan itu telah diberikan sosialisasi dari pihak yang terkait. Misalnya, undang-undang lalu lintas disosialisasikan oleh kepolisian, begitu pula untuk narkotika dan perlindungan anak,”jelasnya. Lebih lanjut ia mengungkapkan, dengan waktu satu bulan tersebut dirasa cukup untuk memberikan waktu bagi peserta mempersiapkan diri hingga pelaksanaan lomba. Adapun salah satu tujuan yang ingin dicapai melalui lomba tersebut adalah untuk menyebarluaskan informasi tentang hukum, khususnya produk-produk hukum yang sudah dihasilkan, baik di tingkat pusat maupun di daerah. Hal ini sesuai dengan komitmen secara nasional bahwa Indonesia adalah negara hukum.

Dibaca 58 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.