Lima PAUD di Kota Jayapura Belum Punya Izin | Pasific Pos.com

| 20 September, 2019 |

Kepala Bidang PAUD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Jayapura, Cliford Korwa Kepala Bidang PAUD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Jayapura, Cliford Korwa

Lima PAUD di Kota Jayapura Belum Punya Izin

Pendidikan & Kesehatan Penulis  Rabu, 21 Agustus 2019 18:22 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

 

JAYAPURA - Dari 157 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kota Jayapura, diantaranya lima belum memiliki izin.

Kepala Bidang PAUD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Jayapura, Cliford Korwa, menyatakan lima PAUD tersebut belum bisa mendapatkan bantuan operasional sekolah (BOS).

"Kalau sudah dapat berarti, sudah harus punya izin. Dan, izinya itu sudah harus terupload ke Dapodik maka mendapatkan nomor pokok sekolah nasional (NPSN)," ujar Cliford di Kantor Wali Kota Jayapura, Rabu (21/8/19),

Menurut Cliford, apabila PAUD sudah mendapatkan NPSN maka wajib dibiayai oleh pemerintah. Kelima PAUD yang belum memiliki izin operasional tersebut masih berstatus swasta.

"Solusinya harus memenuhi syarat dua tahun operasional baru dikasi izinnya. Ada PAUD yang sudah lama, tapi tidak terlaksana maksimal karena faktor guru dan tenaga kependidikan," ujarnya.

Diakui Cliford, kelima PAUD yang belum berizin itu memiliki sejumlah 20 peserta didik. Satu PAUD ada 5-8 anak.

"Kami tidak kasihkan izin tapi tetap berjalan supaya memenuhi rumble minimal 15 orang per PAUD. Banyak permintaan dari warga yang ingin membuka PAUD karena ada bantuan dari pemerintah tapi kami harus selektif, tidak sembarangan mengeluarkan izin operasional," ungkapnya.

Cliford mengaku, selalu melakukan sosialisasi kepada pemilik PAUD untuk melengkapi persyaratan izin operasional, sarana dan prasarana sehingga memastikan anak-anak di Kota Jayapura mendapatkan pelayanan pendidikan secara maksimal.

"PAUD memiliki peran penting dalam pembentukan karakter anak sejak dini dalam lingkungan keluarga dan masyarakat," jelasnya.

Dibaca 57 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.