Rumah Sakit Tipe B Diharap Terealisasi | Pasific Pos.com

| 18 November, 2019 |

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua, drg.Aloysius Giyai, M.Kes (foto:iis) Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua, drg.Aloysius Giyai, M.Kes (foto:iis)

Rumah Sakit Tipe B Diharap Terealisasi

Papua Selatan Penulis  Selasa, 20 Agustus 2019 13:20 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

MERAUKE,ARAFURA,-Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua, drg.Aloysius Giyai, M.Kes mengemukakan bahwa kehadiran rumah sakit tipe B di Kabupaten Merauke memiliki arti penting dengan tujuan untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Jadi ketika ada rujukan maka tidak perlu lagi dirujuk ke Jayapura apalagi keluar Papua. “Jika kita sudah memiliki rumah sakit yang berstandar dan sudah memenuhi syarat maka semua akan jauh lebih mudah. Selama saya menjabat sebagai Kadinkes sudah ada komitmen tersebut dengan fokus di lima wilayah adat,”jelasnya kepada wartawan di Swiss-Belhotel belum lama ini.

Menurutnya, untuk di Nabire sudah bisa terealisasi dan Biak tahun ini juga sudah selesai. Oleh karena itu diharapkan rumah sakit dengan tipe tersebut dapat segera terealisasi di Kabupaten Merauke. Setidaknya memasuki awal tahun 2021 mendatang rumah sakit tersebut sudah bisa operasional. Tentunya dilakukan secara bertahap dan segala kekurangan yang ada tetap dilengkapi. Pihaknya gencar mendorong hal ini dan di sejumlah kesempatan juga selalu mengingatkan, termasuk saat Raker Kesehatan di tingkat provinsi. “Artinya belum terlambat dan diharapkan ada suatu komitmen bersama sehingga rumah sakit tersebut dapat segera terwujud,”harapnya.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, rumah sakit yang ada di Papua juga diharapkan dapat meningkatkan kualitas termasuk dalam hal validasi data sehingga semua dapat dibenahi dengan baik. Hal ini penting agar rumah sakit yang ada di Papua dapat selalu mengalami peningkatan yang lebih baik lagi. Adapun untuk tipenya bervariasi, mulai dari Pratama, tipe C, Tipe D dan lain sebagainya. Beberapa poin yang harus dilengkapi antara lain validasi untuk sarana dan prasarana, peralatan kesehatan dan validasi SDM. Oleh sebab itu koordinasi antara rumah sakit dan Dinas Kesehatan memiliki arti penting. “Rumah sakit dan Dinas Kesehatan harus selalu kompak dan bekerjasama,”pungkasnya.

Dibaca 67 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX