Upacara 17 Agustus Di Merauke Berlangsung Aman | Pasific Pos.com

| 21 September, 2019 |

Bupati dan Paskibra saat berfoto usai upacara (foto:iis) Bupati dan Paskibra saat berfoto usai upacara (foto:iis)

Upacara 17 Agustus Di Merauke Berlangsung Aman

Papua Selatan Penulis  Minggu, 18 Agustus 2019 12:24 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

MERAUKE,ARAFURA,-Upacara bendera dalam rangka HUT ke 74 Kemerdekaan Republik Indonesia yang berlangsung di Lapangan Upacara Kantor Bupati Sabtu lalu berlangsung khidmat. Sejumlah tamu penting nampak menghadiri upacara di antaranya Kepala Kepolisian Resor Merauke, Wakil Ketua DPRD, Pimpinan TNI dan unsur Forkopimda Kabupaten Merauke. Adapun tema yang diusung yaitu “SDM UNGGUL INDONESIA MAJU" dan Sub tema“ Dengan semangat Hari Ulang Tahun ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia kita tingkatkan keunggulan lokal di Tanah Anim Ha demi memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa”. Bertindak sebagai Inspektur Upacara Bupati Merauke Frederikus Gebze, SE. M.Si. dengan Perwira Upacara Mayor Laut (S) Carli matatar, S.E. , Komandan Upacara Mayor Marinir Ronny Anthonius Purba dan Komandan Paskibra Lettu Marinir Haryanto.

Pelaksanaan upacara memperingati detik-detik Proklamasi tepat pada Pukul 10.00 WIT dimana upacara tersebut merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun pada tanggal 17 Agustus, baik dari pusat hingga ke kampung-kampung. Pembacaan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI dilaksanakan untuk mengenang dan menghargai jasa-jasa para pahlawan bangsa yang telah gugur memperjuangkan kemerdekaan, menjadi momentum dalam memaknai kemerdekaan dan rasa nasionalisme dalam mencintai tanah air dan bangga sebagai bangsa Indonesia.

Untuk pelaksanaan pengamanan dan pengaturan arus lalu lintas langsung di bawah kendali Kabag Ops Polres Merauke AKP Erol Sudrajat, S.Sos, M.Si dengan mengerahkan ratusan personil sehingga rangkaian HUT ke-74 RI di Merauke dapat berjalan dengan aman dan kondusif. Berkat kerjasama seluruh unsur pengamanan baik dari TNI, Polri, Dishub, dan Satpol PP sehingga kegiatan dapat berjalan dengan tertib. Pelaksanaan upacara pula oleh Danrem 174 ATW Brigjen TNI Rd. Agus Abdurrauf,. S.I.P, Danlantamal XI Merauke Brigjen TNI (Mar) Lukman, S.T,M.Si, unsur Forkopimda Kabupaten Merauke, Kalapas Klass II B Merauke Abdul Halik, SH,Wakil Ketua I DPRD Merauke Hj. Almarotus Solikah, SH.i,Sekda Merauke Drs. Daniel Pauta,Ketua Panitia HUT RI Kab. Merauke Suhonok Suryo, Ketua PN Merauke Orpa Martina S.H, Pejabat TNI / Polri, Asisten / Staf Ahli Setda Merauke, Pimpinan SKPD Kabupaten Merauke, Pimpinan BUMN/BUMD, Veteran TNI/Polri, Pimpinan Parpol, Pimpinan Perusahaan, Pimpinan Ormas, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda dan para Tokoh Perempuan.

Setelah itu digelar pula ziarah nasional ke TMP Trikora dan acara dilanjutkan di area Lapas. Saat ziarah, bertindak sebagai Inspektur Upacara Bupati Merauke Frederiks Gebze,SE. M.Si diawali dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan, peletakan karangan bunga, acara tabur bunga, foto bersama dan penandatanganan buku tamu. Ziarah nasional dilaksanakan untuk mengenang dan menghargai jasa-jasa para pahlawan bangsa yang telah gugur memperjuangkan kemerdekaan serta menjadi momentum dalam memaknai kemerdekaan dan rasa nasionalisme dalam mencintai tanah air dan bangga sebagai bangsa Indonesia. Sebelumnya juga digelar upacara Taptu dan pawai obor dalam menyambut malam HUT Kemerdekaan RI ke 74 tahun yang di selenggarakan di Gedung Negara. Bertindak sebagai Irup Bupati Merauke Frederikuz Gebze,SE,M.Si,Perwira Upacara Kabag Ops Polres Merauke AKP Erol Sudrajat,S.Sos,M.Si,Komandan Upacara Kasat Polairud AKP Micha Toding Potty,S.H,S.IK.

Tampak hadir saat itu Wakil Bupati Merauke,Danrem 174,Danlantamal XI, perwakilan Danlanud, Dandim 1707,Kapolres Merauke,serta Forkopimda dan unsur pimpinan TNI-POLRI lainnya. Kegiatan upacara Taptu dan pawai obor ini merupakan kegiatan tahunan yang digelar Pemerintah Kabupaten Merauke dalam menyambut HUT Kemerdekaan RI ke 74 sekaligus sebagai bentuk semangat patrotisme. Peserta upacara Taptu dan pawai obor tersebut melibatkan pasukan TNI/Polri, Sat Pol-PP,Korpri,mahasiswa,Pramuka, pelajar,dan drumband dengan rute yang dilalui Gedung Negara melewati Jalan Raya Mandala dan finish di Makodim 1707.

Kapolres saat diwawancarai mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan serentak seluruh indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan rasa patriotisme dan mengingat perjuangan para pahlawan yang telah berjuang merebut kemerdekaan dari tangan penjajah. Renungan suci juga turut mewarnai peringatan HUT Kemerdekaan RI tahun ini bertempat di TMP Trikora. Bertindak sebagai Inspektur Upacara Kajari Merauke I Wayan Sumertayasa, S.H.,M.H yang diikuti unsur Forkopimda Kabupaten Merauke, pasukan TNI, Polri, Satpol PP dan Pramuka. Saat itu dibacakan tentang para pahlawan kusuma bangsa yang membela bansa dan Negara Republik Indonesia telah terbaring di TMP Trikora Merauke yang terdiri dari 28 Anggota TNI, 3 Anggota Polri, 1 ASN, dan 2 pahlawan tak dikenal.

Dibaca 102 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.