Kota Jayapura Barometer Pendidikan di Tanah Papua | Pasific Pos.com

| 20 September, 2019 |

Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano saat memantau pelaksanaan UNBK di SMP Negeri 5 Jayapura Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano saat memantau pelaksanaan UNBK di SMP Negeri 5 Jayapura

Kota Jayapura Barometer Pendidikan di Tanah Papua

Pendidikan & Kesehatan Penulis  Jumat, 16 Agustus 2019 21:29 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

 

JAYAPURA - Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano, menyatakan Kota Jayapura sebagai barometer di tanah Papua. Salah satunya di bidang pendidikan, karena mampu meningkatkan kualitas pendidikan.

"Mari kita jadikan sekolah untuk mewujudkan visi dan misi pemerintah Kota Jayapura, sehingga menjadi sekolah yang semakin eksis dan memberikan SDM yang berkualitas dan membangun kerjasama guna mencapai tujuan pendidikan, yaitu mendiidk, meningkatkan dan mengembangkan sumber daya anak di Kota Jayapura," ujar Benhur di Jayapura, Selasa (23/4/19)

Benhur berharap, dewan guru, staf tata usaha diminta pro aktif dan inovatif dalam bidangnya dan terus meningkatkan produktifitas pembelajaran sehingga siswa tidak bosan dalam proses belajar mengajar.

Diakui Benhur, angka melek huruf sudah 100 persen, kululusan SD dan SMP sudah 100, yang harus dipertahankan. Sebagai barometer maka wajib hukumnya untuk menjadi sekolah terdepan dengan harapan menjadi sekolah yang bisa mencetak generasi penerus bangsa yang handal dan menghasilkan anak-anak cerdas.

"Kami mampu meningkatkan kualitas siswa, guru, sarana dan prasarana pendidikan di semua jenjang baik SD dan SMP. Kami juga sudah menerapkan sekolah berbasis IT untuk pendaftaran online, penerimaan siswa yang transparan, akuntabel dan berdaya saing," jelasnya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Jayapura, Fahrudin Pasolo, mengatakan tahun ini sejumlah 44 SMP yang melakukan ujian secara mandiri. Sementara tingkat SD ada 105 sekolah. Sejumlah 96 sekolah melaksanakan USBN, sisanya karena kelasnya belum sampai pada kelas 6.

"Saya yakin dan percaya Kota Jayapura sebagai barometer pendidikan di tanah Papua mampu menjaga prestasi tingkat kelulusan SD dan SMP mencapai 100 persen," jelasnya.

Sebagai informasi tahun ini ada sebanyak 4927 peserta Ujian Sekolah Berbasis Nasional (USBN) tingkat SD/MI dan 4894 perserta UN tingkat SMP/MTs menjalani Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), yang sudah melaksanakan ujian, yang tersebar di 18 rayon di Kota Jayapura.

Mata pelajaran yang diujikan untuk tingkat SD, yaitu Bahasa Indonesia, IPA, dan Matematika. Sedangkan tingkat SMP yang diujikan, yaitu Bahasa Indonesia, IPA, Matematika, dan Bahasa Inggris.

Dibaca 97 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.