Berdayakan Masyarakat Asli Papua Dibidang Perhotelan Menyambut PON 2020 | Pasific Pos.com

| 21 September, 2019 |

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Jayapura, Djoni Naa Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Jayapura, Djoni Naa

Berdayakan Masyarakat Asli Papua Dibidang Perhotelan Menyambut PON 2020

Kota Jayapura Penulis  Kamis, 15 Agustus 2019 20:42 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

 

JAYAPURA - Dinas Tenaga Kota Jayapura mempersiapkan Orang Asli Papua (OAP) sebagai tenaga kerja terampil untuk persiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 di Papua di bidang perhotelan.

"Tahun ini yang kami latih sebanyak 40 orang, dan 2020 kami juga siapkan 40 orang lagi. Pelatihan ini dibiayai melalui dana otonomi khusus," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Jayapura, Djoni Naa di Kantor Wali Kota Jayapura, Kamis (15/8/19).

Menurut Naa, peluang kerja sangat besar untuk penyerapan tenaga kerja di sektor perhotelan seperti house keeping, resepsionis dan keahlian masak-memasak. Tujaunnya untuk pengurangan pengguran di Kota Jayapura karena pengangguran sekarang mencapai 17.232 orang per Desember 2018.

"Kami harapkan dengan pelatihan ini, bisa dimanfaatkan oleh perhotelan sebagai tenaga yang bisa melayani masyarakat yang datang ke Kota Jayapura karena PON. Diharapkan juga nantinya menjadi mata pencaharian dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari," tuturnya.

Dijelaskan Naa, pembinaan kompetensi berupa pengetahuan terkait dengan perhotelan, keterampilan, dan pembinaan sikap perilaku dalam melayani tamu saat masuk di depan pintu hotel.

"Kalau OAP di disetiap hotel pasti ada, 5-10 orang pasti ada OAP. Memang minim kalau sektor perhotelan karena menyangkut bertahan dalam bekerja. Kami prioritaskan OAP yang bermukim di 14 kampung. Selain itu untuk menyiapkan dibidang perhotelan, kami juga berikan pelatihan operator komputer dan mengemudi," ungkapnya.

Dibaca 74 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX