Marsujitullah:Maknai HUT Kemerdekaan Dengan Kegiatan Positif | Pasific Pos.com

| 18 October, 2019 |

Pembina UKM Racana Unmus, Marsujitullah Aldy Marwan, S.Kom, MT (foto:ist) Pembina UKM Racana Unmus, Marsujitullah Aldy Marwan, S.Kom, MT (foto:ist)

Marsujitullah:Maknai HUT Kemerdekaan Dengan Kegiatan Positif

Papua Selatan Penulis  Kamis, 15 Agustus 2019 16:36 0
Beri rating artikel ini
(1 Voting)

MERAUKE,ARAFURA,-Pembina UKM Racana Unmus, Marsujitullah Aldy Marwan, S.Kom, MT mengemukakan bahwa pada momentum HUT ke-74 Kemerdekaan RI maka selaku generasi muda dapat memaknainya dengan ikut serta dalam melakukan berbagai kegiatan positif, salah satunya dengan ikut berperan aktif dalam kegiatan organisasi dan kegiatan sosial. Organisasi dan kegiatan sosial lainnya juga sangat bermanfaat untuk mengisi dan memaknai kemerdekaan Indonesia, mengingat sudah bisa dipastikan anak muda yang ikut berperan aktif dalam kegiatan organisasi dan kegiatan sosial adalah anak muda yang kreatif dan cerdas.

“Mereka memilih untuk ikut aktif dalam kegiatan yang bermanfaat demi pengembangan aktualisasi diri. Kegiatan organisasi dan kegiatan sosial dapat mengasah skill kepemimpinan yang ada dalam diri mereka. Namun ketika memilih organisasi, generasi muda harus bisa memilih dan memilah mana organisasi yang baik dan mana yang tidak baik. Contoh yang baik seperti, organisasi politk, keagamaan, sosial kemasyarakatan dan lain sebagainya. Sedangkan contoh yang tidak baik seperti organisasi premanisme, genk perusuh keamanan, genk anak-anak nakal, kelompok aliran sesat, ataupun organisasi lainnya yang dapat meresahkan masyarakat,”jelasnya kepada ARAFURA News via telepon selulernya kemarin.

Seiring dengan berkembangnya teknologi di zaman sekarang ini, sarana untuk terjun dalam organisasi dan kegatan sosial pun tidak hanya bisa diikuti di dunia nyata, namun juga bisa diikuti lewat dunia maya (online). Banyak komunitas sosial yang bagus bisa kita ikuti, seperti komunitas laskar sedekah, komunitas tangan diatas, komunitas pengusaha muda Indonesia, bahkan komuniatas yang mengatur urusan ibu dan anak. “Nah kita bisa pilih yang baik-baik aja ya, perluas terus jaringan kita agar menambah teman dan pengalaman,”tambahnya. Selain itu generasi muda juga wajib berperan serta mempertahankan wilayah NKRI. Minimal tahu bahwa letak wilayah geografis Indonesia berada di antara dua benua, yaitu Benua Asia dan Benua Australia, dan berada di antara dua samudra, yaitu Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Sedangkan menurut letak astonomisnya, yaitu suatu tempat berdasarkan garis lintang dan garis bujur, Indonesia berada di antara 6° LU – 11° LS dan antara 95° BT – 141° BT. Wilayah Indonesia paling utara berada pada 6° LU terletak di Pulau Weh di Nanggroe Aceh Darussalam.

Untuk wilayah Indonesia paling selatan berada pada 11° LS terletak di Pulau Rote di Nusa Tenggara Timur. Untuk wilayah Indonesia paling barat berada pada 95° BT terletak di ujung utara pulau Sumatera, serta untuk wilayah Indonesia paling timur berada pada 141° BT terletak di Kota Merauke. “Saat kita sudah mengetahui ini, maka tidak ada kata menyerah untuk selalu mempertahankan wilayah NKRI dari perebutan dan pengakuan negara lain. Minimal kita mendukung perjuangan Tentara Negara Indonesia (TNI) dalam mempertahankan kesatuan wilayah RI di daerah-daerah perbatasan, bisa lewat sosial media, bisa dengan tindakan nyata berkunjung ke daerah perbatasan Indonesia, atau minimal kita bisa membantu dengan doa kita,”pungkasnya.

Dibaca 89 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.