13 Anak Merauke Bakal Kuliah Di Tiongkok | Pasific Pos.com

| 6 December, 2019 |

Para siswa dan kepala sekolah berfoto bersama (foto:iis) Para siswa dan kepala sekolah berfoto bersama (foto:iis)

13 Anak Merauke Bakal Kuliah Di Tiongkok

Papua Selatan Penulis  Rabu, 14 Agustus 2019 17:51 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

MERAUKE,ARAFURA,-Kepala Sekolah SMKN 3 Merauke, Marthen Rummar, S.Pd, MT mengemukakan bahwa program beasiswa yang diberikan oleh Pemerintah Tiongkok sudah berjalan dua tahun lebih. Tahun lalu pihaknya sudah mengirimkan satu siswa atas nama Liane Arivia Rentandatu dari jurusan teknik computer jaringan. Untuk Merauke sendiri tahun ini baru memasuki tahap kedua dimana akan dikirim lagi sebanyak 13 siswa dan lainnya ada di Biak Numfor dan Kota Jayapura. Para siswa ini akan menuju lokasi kuliah melalui Shanghai dan akan tersebar di beberapa provinsi di China.

Adapun kampus tempat mereka menimba ilmu seluruhnya merupakan kampus negeri dengan basic murni politeknik. “Kami harus mempersiapkan anak-anak untuk menimba ilmu di kampus tersebut karena saat ini dunia kerja sangat membutuhkan tenaga ahli yang siap kerja. Jadi sekarang waktunya bicara dan bekerja. Melalui program ini maka beberapa anak kita siapkan untuk diseleksi dan berhasil lolos,”ujarnya pada acara pelepasan calon mahasiswa program beasiswa ACCTDC Papua untuk menempuh pendidikan di Yangzhou Polytecnic Institute Jiangsu Vocational College Of Medicine Jiangsu Agry –Animal Husbandry Vocational College di aula SMKN 3 belum lama ini.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, para siswa dibebaskan dari biaya SPP dan asrama selama di negara tersebut. Namun untuk keberangkatan nanti ke Jakarta dan Tiongkok dibiayai oleh orang tua masing-masing. Untuk itu ia berharap ke depan pihak pemerintah dapat memberikan dukungan ke depan jika program ini masih berlanjut sehingga dapat meringankan beban orang tua siswa. Sedangkan untuk pembiayaan selama kuliah di negara tersebut dapat dikatakan cukup murah, bahkan hampir sama dengan daerah Jawa seperti di Yogyakarta dan Solo. Marthen menambahkan, para siswa akan menekuni sejumlah program studi di antaranya keperawatan, farmasi, analisis, kebidanan, pertanian, otomotif dan akutansi. Untuk kelompok pertama direncanakan berangkat awal Oktober 2019 mendatang.

Dibaca 77 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX

Trending Topik