Di Hadapan Mahasiswa, Danrem Sampaikan Tentang Bela Negara | Pasific Pos.com

| 18 October, 2019 |

Danrem saat memberi materi (foto:ist) Danrem saat memberi materi (foto:ist)

Di Hadapan Mahasiswa, Danrem Sampaikan Tentang Bela Negara

Papua Selatan Penulis  Selasa, 13 Agustus 2019 17:27 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

MERAUKE,ARAFURA,- Komandan Korem 174/ATW, Brigjen TNI R Agus Abdurrauf S.I.P., M Tr (Han) memberikan kuliah umum kepada para mahasiswa baru Universitas Musamus bertempat di lapangan Gazebo Kampus Musamus, Selasa (13/8). Kegiatan tersebut diikuti 1.860 orang mahasiswa dan nampak antusias karena bisa mendapatkan ilmu dan bersilaturahmi dengan sosok jenderal dari wilayah Korem itu. Dalam kesempatan itu Danrem menyampaikan kuliah umum tentang bela negara didampingi Rektor Universitas Musamus, Philipus Betaubun, Kolonel. Inf Feksi D Anggi (Kasi Terrem 174ATW), Kolonel Arm Themy Usman (Kasi Persrem 174/ATW ) dan Kolonel. Inf Johanes Advendino Krismadi (Kasi Intelrem 174/ ATW).

Adapun tema yang diangkat yaitu ‘Musamus anti hoaks dan radikalisme’. Danrem mengemukakan, kuliah umum itu dimaksudkan untuk memberikan pemahaman kepada generasi muda tentang pentingnya bela negara disertai dengan wawasan kebangsaan yang meliputi empat pilar kebangsaan yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI. Jangan sampai keempat pilar ini luntur dan pudar. Bela negara merupakan tekad, sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 serta semangat rela berkorban demi menjamin kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara.

Danrem juga menjelaskan sistem pertahanan negara Indonesia, yaitu sistem yang bersifat pertahanan semesta, melibatkan seluruh warga negara Indonesia, wilayah dan sumber daya nasional lainnya dan dipersiapkan secara dini oleh pemerintah serta diselenggarakan secara total, terpadu, terarah dan berlanjut untuk menegakkan kedaulatan NKRI. "Dalam bela negara itu, TNI sebagai komponen utama dengan didukung oleh komponen cadangan dan pendukung lainnya. Komponen cadangan adalah sumber daya nasional yang telah disiapkan untuk dikerahkan melalui mobilisasi guna memperbesar dan memperkuat kekuatan dan kemampuan komponen utama,”ujarnya. 

Ia menambahkan, sebagai komponen pendukung adalah sumber daya nasional yang dapat digunakan untuk meningkatkan kekuatan dan kemampuan komponen utama dan komponen cadangan. Sedangkan mengenai empat pilar kebangsaan yang meliputi Pancasila, Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhinneka Tunggal Ika, apabila dapat melekat dengan baik maka kita akan memiliki ketahanan Nasional yang kuat dalam menghadapi ancaman baik dari dalam maupun luar negeri.

Danrem berharap agar para mahasiswa Universitas Musamus dapat menyelesaikan kuliah dengan baik sehingga pengalaman serta ilmu yang telah diperoleh nantinya dapat diterapkan di lingkungan kampus dan bermanfaat di masyarakat dimanapun berada. Usai pemberian kuliah umum Danrem 174/ATW menerima peghargaan sertifikat dan ucapan terima kasih dari Rektor Universitas Musamus dan dilanjutkan ramah tamah.

Dibaca 55 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.