Wartawan Berperan Penting Ciptakan Situasi Kondusif | Pasific Pos.com

| 22 September, 2019 |

Para wartawan saat menyimak arahan (foto:iis) Para wartawan saat menyimak arahan (foto:iis)

Wartawan Berperan Penting Ciptakan Situasi Kondusif

Papua Selatan Penulis  Senin, 12 Agustus 2019 20:42 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

MERAUKE,ARAFURA,-Kepala Balai Bahasa Papua, Suharyanto, MA mengemukakan bahwa peran media dan wartawan dalam menciptakan situasi yang kondusif di kalangan masyarakat sangat besar. Sebab pers mengembangkan fungsi komunikasi maka pers juga berhubungan langsung dengan fungsi kebahasaan. Terkait dengan hal tersebut maka pihaknya mengajak awak media untuk bertukar pikiran agar informasi yang akan disampaikan dapat dikemas ke dalam bahasa yang benar sesuai dengan kaidah yang terdapat di dalam Bahasa Indonesia. Dengan mengemas informasi ke dalam sebuah bahasa yang sesuai dengan kaidah maka diharapkan informasi tersebut dapat sampai ke kalangan pembaca atau pendengar sesuai dengan yang diharapkan.

Dijelaskan, saat ini pers merupakan salah satu lembaga yang menjadi pilar bagi terhadap berdiri dan tegaknya negara demokrasi NKRI. Seperti yang diketahui bersama, tegaknya demokrasi di negara kita tidak hanya ditentukan oleh lembaga-lembaga penyokong demokrasi tersebut, antara lain partai politik dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) namun yang memiliki peran penting lainnya adalah lembaga pers. Sejauh mana para wartawan dapat melakukan fungsi artikulasi kepentingan masyarakat dan juga menyampaikan peran kontrol masyarakat.

Terkait dengan pentingnya lembaga pers itulah maka rakyat sudah memberikan kewenangan secara khusus di dalam Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2009. Dengan demikian kemerdekaan pers lebih terjamin keberadaannya. Di dalam undang-undang tersebut juga tegas dinyatakan bahwa pers nasional bertugas untuk melaksanakan peran mengembangkan pendapat umum berdasarkan informasi yang tepat, akurat dan benar. “Kata informasi ini saya garis bawahi karena tanpa informasi yang tepat dan akurat dapat menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan di tengah-tengah masyarakat,”ujarnya pada penyuluhan Bahasa Indonesia kepada insan pers di aula SMKN 3 Merauke Kamis lalu.

Dibaca 40 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX