Jamin Kelayakan Hewan Qurban, DisBunak Gelar Sosialisasi | Pasific Pos.com

| 19 August, 2019 |

Giri Wijayantoro didampingi Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Jayapura, Ir. H., Dodi Sambodo Samiyana saat menyerahkan bantuan pisau sembeli hewan Qurban kepada para undangan. Giri Wijayantoro didampingi Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Jayapura, Ir. H., Dodi Sambodo Samiyana saat menyerahkan bantuan pisau sembeli hewan Qurban kepada para undangan.

Jamin Kelayakan Hewan Qurban, DisBunak Gelar Sosialisasi

Kabupaten Jayapura Penulis  Kamis, 08 Agustus 2019 20:01 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Terkait Kesejahteraan Hewan Qurban

 

SENTANI- Guna menjamin keamanan dan kelayakan hewan qurban, Pemerintah Kabupaten Jayapura melalui Dinas Perkebunan dan Peternakan, menggelar sosialisasi kesejahteraan hewan Qurban di Aula Lantai I Kantor Bupati, Gunung Merah Sentani, Kamis (8/8) pagi.

Sosialisasi tersebut dibuka oleh Wakil Bupati Jayapura, Giri Wijayantoro didampingi Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Jayapura, Ir. H., Dodi Sambodo Samiyana.

Dalam arahannya, Wabup Giri menyampaikan sosialisasi ini merupakan bagian pengawasan dinas terhadap hewan Qurban khususnya tentang penyembelihan hewan Qurban. Menurutnya, pengawasan sangat penting dilakukan, untuk jaminan keamanan dan kelayakan daging yang dihasilkan dari pemotongan hewan Qurban pada hari raya Idul Adha.

Dikatakan, ini merupakan salah satu tugas penting dari bidang kesehatan hewan dan kesehatan masyarakat veteriner.

"Acara ini sangat strategis sebagai salah satu bentuk pelayanan kepada masyarakat untuk mendapatkan daging Qurban yang aman, sehat, utuh dan halal serta sebagai sarana evaluasi, koordinasi dan penyusunan perencanaan ke depan baik jangka pendek maupun jangka panjang untuk penataan dan perbaikan pelaksanaan pemotongan hewan Qurban,"ujarnya.

Melalui kegiatan ini, Wabup Giri berharap saat penyembelihan tidak ada yang gagal sembelih hewan Qurban.

"Jangan seperti tempat lain giliran mau dipotong hewannya lari lepas, kita ingatkan untuk hati-hati termasuk masalah kebersihan karena, biasanya Karena situasi darurat kalau tidak hati-hati malah bercampur dengan pasir dan lain-lain,”papar Giri.

Dirinya menegaskan, Pemkab Jayapura akan menempatkan petugas pada setiap saat penyembelihan, dimaksud agar panitia saat proses penyembelihan dan pengemasan hewan Qurban tidak asal-asalan dengan tidak memperhatikan jaminan dan kelayakan daging, termasuk memperhatikan jenis kelamin hewan.

"Yang lalu-lalu memang kita ada di tempat pemotongan Qurban, jadi betul-betul sampai clear dan selesai kita awasi trus jangan sampai ada hewan betina yang dipotong kan jadi masalah, semoga ini menjadi satu kebaikan niatnya baik dan mereka bisa kerja dengan baik,”tukas Giri.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Jayapura, Ir.H. Sambodo Samiyana, M.Si,. menyampaikan dalam pengawasan pihaknya tetap mengutamakan kesehatan dan kesejahteraan hewan termasuk etika memperlakukan hewan dalam memberikan makan minum juga harus diberikan kasih sayang agar hewan dimaksud tidak stress.

“Tentu itu juga untuk keamanan komsumsi, termasuk kita awasi apakah hewan yang nanti disembelih mengandung cacing, nanti ada tim yang turun ke setiap masjid untuk lakukan pengawasan dan pemeriksaan dari sebelum dan sesudah penyembelihan, karena harus disembeli dulu untuk mengetahui ada cacing didaging,”sebut Sambodo.

Hadir pada kegiatan tersebut, perwakilan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Papua, nara sumber dari Majelis Ulama Indonesia Papua Dr. Faisal Saleh, para pejabat eselon III, IV, dan staf Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Jayapura, dan peserta sosialisasi kesejahteraan hewan Qurban dalam rangka memperingati hari raya Idul Adha.

Dibaca 30 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX