Sistem Penerimaan Mahasiswa Unipa melalui 3 Jalur | Pasific Pos.com

| 16 November, 2019 |

Sistem Penerimaan Mahasiswa Unipa melalui 3 Jalur

Papua Barat Penulis  Kamis, 08 Agustus 2019 14:47 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Manokwari, TP – Rektor Universitas Papua (Unipa), Jacob Manusawai mengatakan, sistem penerimaan mahasiswa/I baru Unipa dilakukan melalui 3 jalur. Salah satunya, yang diterapkan secara nasional namun masih sulit diterima.

Menurut Manusawai, standart penerimaan mahasiswa/I secara nasional masih mengalami kesulitan diterapkan di Papua Barat. “Standar yang digunakan itu yang sering mengalami kesulitan. Mungkin kesulitan ini mirip-mirip mau menjadi polisi,” kata Manusawai saat Rapat Terbuka Senat Unipa di aula utama Unipa, Rabu (31/7) pekan lalu.

Menurut dia, Unipa hanya memiliki daya tampung sebanyak 2 ribu mahasiswa. Untuk penerimaan mahasiswa Unipa khusus jalur lokal sudah mencapai 75 persen. “Artinya kita masih mempertahankan komitmen otsus, tetapi memang sulit karena jumlah orang asli Papua tidak terlalu banyak,” terangnya.

Pada kesempatan ini, Ia juga mengapresisi dukungan pemerintah provinsi (pemprov) Papua Barat dalam memberikan sumbangsih dan perhatiannya bagi Unipa dengan memberikan perhatian khusus bagi beberapa Fakultas.

“Kemarin komitmen rektor bahwa semua anak-anak Papua yang mendaftarkan diri di Fakultas Kedokteran Unipa Kampung II Sorong diterima 100 persen ditambah dengan sisanya. Kita masih buka 1 angkatan lagi, karena matrikulasi masih berjalan untuk memenuhi kuota, sebab sejak tahun 2014 sampai sekarang jumlahnya tidak lebih dari 24 orang,” tukasnya.

Menurutnya, posisi Unipa sangat penting di tanah Papua bersama-sama dengan Uncen dan Musamus. Sebab, universitas inilah yang bisa terima apabila anak-anak Papua tidak bisa diterima di Jawa, Sumatra, Kalimatan.

 “Testing tidak lulus di jawa, lama-lama minta pinda masuk kesini. Unversitas ini penting untuk kita di Papua, maka marilah kita menjaga universitas ini dengan baik dengan ranjin mulai dari dosen, kalau ada proyek diluar ingat-ingat mahasiswa, kemudian mahasiswa rajin-rajin belajarlah agar dapat berhasil ditempat ini,” tandas Manusawai. [FSM-R3] 

Dibaca 90 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.