Polisi Kantongi Identitas Pemilik 89 Amunisi | Pasific Pos.com

| 19 August, 2019 |

Kapolres Jayapura Kota, AKBP Gustav R Urbinas Kapolres Jayapura Kota, AKBP Gustav R Urbinas

Polisi Kantongi Identitas Pemilik 89 Amunisi

Kriminal Penulis  Selasa, 06 Agustus 2019 20:41 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

JAYAPURA – Anggota kepolisian resor kota Jayapura kini telah mengantongi identitas dari pemilik puluhan amunisi yang diamankan dari seorang pria berinisial AMA alias Apolo beberapa waktu lalu di distrik Jayapura Utara.

Dari hasil pemeriksaan intensif terhadap AMA, serta lima orang saksi, pihak kepolisian berhasil mengantongi identitas pelaku tersebut yakni seorang pria berinisial L yang kini dalam pengejaran.

Kapolres Jayapura Kota AKBP Gustav Urbinas mengatakan, pihaknya saat ini tengah memetakan keberadaan L yang diduga kuat sebagai actor utama dibalik kepemilikan 89 butir amunisi yang ditemukan polisi dari dalam lemari milik orang tua AMA. Diduga, yang L masih bersembunyi di sekitar Kota Jayapura.

“Saat ini Polres Jayapura Kota masih memburu atau mengejar pelaku utama dengan inisial L yang belum ditemukan sampai sekarang,” kata Jahja di ruang kerjanya, Selasa (6/8/2019) sore.

Sementara, proses penyidikan terhadap AMA yang menyimpan amunisi itu masih berlangsung. Kata Jahja, saat ini ada lima orang saksi masih dalam pemeriksaan, “antaralain AMA dan GW alias Tura dan satu orang temannya yang ditangkap di depan SPBU Entrop itu, kemudian kedua orang tua AMA,” terangnya.

Sementara terhadap warga negara PNG inisial WG alias Tura (31) yang diamankan terkait kepemilikan 59 bungkus bening berisi Ganja yang disimpan di dalam kamar kosnya, tengah menjalani penyidikan lebih lanjut. Ke depan, penyidik akan melengkapi berkas perkara yang bersangkutan untuk dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri Jayapura.

Dikabarkan sebelumnya, kedua pria tersebut ditangkap Tim Gabungan Polres Jayapura Kota dan Jatanras Polda Papua pada Sabtu (27/7) lalu. AMA alias Apolos (24) warga Distrik Jayapura Utara, diamankan atas kepemilikan 89 butir amunisi caliber 5,56 mm dan caliber 9 mm di kediamannya. Sedangkan GW alias Tura (31) yang merupakan warga negara Papua New Guinea (PNG), diamankan atas kepemilikan 59 bungkus bening berisi Ganja yang disimpan di dalam kamar kosnya.

“Penangkapan berawal dari informasi dari warga yang menyebutkan adanya orang yang mengedarkan ganja dan juga menyimpan senjata api laras panjang dan pendek di wilayah Dok IX Distrik, Jayapura Utara,” kata Kapolres Jayapura Kota AKBP Gustav Urbinas.

Atas perbuatannyta, AMA alias Apolos dijerat penyidik dengan Pasal 1 ayat 1 UU Darurat No.12 Tahun 1951 dengan ancaman 20 tahun buih. Sementara, GW alias Tura dijerat Pasal 111 ayat 2 UU No.35 Tahun 2019 tentang Narkotika dengan ancaman penjara seumur hidup atau paling singkat 5 tahun dan paling lama 20 tahun.

Dibaca 39 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX