463 Siswa Bintara Polri Jalani Pendidikan di SPN | Pasific Pos.com

| 20 September, 2019 |

Wakapolda Papua Brigjen Yakobus Marjuki melakukan tradisi pengguntingan rambut bagi siswa Bintara Remaja Baru di SPN Polda Papua Wakapolda Papua Brigjen Yakobus Marjuki melakukan tradisi pengguntingan rambut bagi siswa Bintara Remaja Baru di SPN Polda Papua

463 Siswa Bintara Polri Jalani Pendidikan di SPN

Info Papua Penulis  Selasa, 06 Agustus 2019 20:30 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

JAYAPURA - Pendidikan Pembentukan Bintara Polri Tahun 2019 di lingkungan Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Papua resmi dibuka, Selasa (6/8/2019).

Sebanyak 463 siswa baru yang terdiri dari pengiriman Polda Papua 244 siswa, pengiriman Polda Papua Barat 218 siswa dan pengiriman dari Polda Jawa Timur satu orang, akan digembleng di SPN Polda Papua.

Jumlah ini bagian dari 8.875 calon Bhayangkara siswa se Indonesia, terdiri dari 8.475 pria dan 400 wanita yang dinyatakan lulus untuk mengikuti Pendidikan Pembentukan Bintara Polri, secara serentak di Sekolah Polisi Wanita dan 31 SPN Polda jajaran selama 7 bulan.

Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia dalam sambutannya yang dibacakan oleh Wakapolda Papua Brigjen Yakobus Marjuki mengatakan, kualitas sumber daya manusia menjadi kunci untuk meningkatkan pengelolaan organisasi Polri.

"Melalui program pendidikan ini, diharapkan akan terbentuk personel yang memiliki pengetahuan dan keterampilan yang unggul, serta menampilkan sikap dan perilaku yang luhur, dalam mendukung keberhasilan pelaksanaan tugas," ujar Brigjen Yakobus di halaman SPN Polda Papua, Kota Jayapura.

Menurut Yakobus, tantangan yang dihadapi Polri ke depan akan semakin kompleks. Hal ini tidak dapat dipisahkan dari berbagai dinamika dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Dengan jumlah lebih dari 353.000 orang, atau 80% dari jumlah total anggota Polri, Bintara Polri menjadi etalase institusi di mata publik. Selain itu, mereka juga bertugas pada garis terdepan yang langsung bersentuhan dengan masyarakat. Hal tersebut semakin menegaskan bahwa Pendidikan Pembentukan Bintara menjadi aspek penting dalam mewujudkan institusi Polri yang semakin profesional, modern, dan terpercaya.

Di akhir upacara, Brigjen Yakobus menyematan pangkat siswa sebagai tradisi di setiap pembentukan binatara baru, menyusu penyiraman air kembang dan pengguntingan rambut kepada enam perwakilan siswa yang mengikuti pendidikan pembentukan Bintara Polri Tahun Ajaran 2019/2020.

Turut hadir dalam kegiatan yakni AS Pers Kodam XVII/Cenderawasih, Danlantamal X Jayapura, Wakajati Papua, Wakapolda Papua Barat, Pejabat Utama Polda Papua, Wakil Ketua Bhayangkari Daerah Papua beserta pengurus dan para orang tua siswa.

Dibaca 123 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.