Media Diharapkan Mampu Jembatani Aspirasi Rakyat Kepada Pemerintah | Pasific Pos.com

| 8 December, 2019 |

Foto bersama, Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si. Asisten I Setda Kabupaten Jayapura, Abdul Rahman Basri, S.Sos, MKP. Plt Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Jayapura, Gustaf Griapon, ST. Kabag Humas dan Protokoler Setda Kabupaten Jayapura, Sabri M. Nur. S.Kom, M.Si serta semua awak media pos liputan Kabupaten Jayapura usai coffe morning, di Suni Garden Lake Hotel and Resort Sentani, Selasa (6/8) pagi. Foto bersama, Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si. Asisten I Setda Kabupaten Jayapura, Abdul Rahman Basri, S.Sos, MKP. Plt Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Jayapura, Gustaf Griapon, ST. Kabag Humas dan Protokoler Setda Kabupaten Jayapura, Sabri M. Nur. S.Kom, M.Si serta semua awak media pos liputan Kabupaten Jayapura usai coffe morning, di Suni Garden Lake Hotel and Resort Sentani, Selasa (6/8) pagi.

Media Diharapkan Mampu Jembatani Aspirasi Rakyat Kepada Pemerintah

Kabupaten Jayapura Penulis  Selasa, 06 Agustus 2019 19:53 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

SENTANI – Media massa, baik cetak, elektronik dan online yang memiliki pos liputan di Kabupaten Jayapura diharapkan mampu menjembatani aspirasi rakyat ke Pemerintah Daerah (Pemda) setempat melalui aktivitas pemberitaan.

“Kami sadar bahwa, pemerintah tidak selamanya ada di tengah-tengah masyarakat, sehingga aspirasi masyarakat kadang tidak tersalurkan ke kami. Untuk itu, peran media sangat dibutuhkan,” harap Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si saat memberikan sambutan pada acara coffe morning bersama awak media di Suni Garden Lake Hotel and Resort Sentani, Selasa (6/8) pagi.

Lebih lanjut bupati mengatakan, kemitraan antara media dan pemerintah hendaknya dibangun secara baik. Agar informasi-informasi tentang capaian pembangunan daerah dapat disalurkan lewat media kepada publik di Kabupaten Jayapura.

Dikatakan, tanpa adanya dukungan dari media maka tentu semua pembangunan yang merupakan capaian kinerja pemerintah tidak sepenuhnya dapat diketahui oleh masyarakat.
Sebab itu, bupati mengajak semua media baik media cetak, media elektronik dan media online untuk membantu pemerintah dengan menyebarluaskan informasi pembangunan kepada rakyat di Bumi Khenambai Umbai.

“Saya berharap, media bisa menjadi jembatan untuk menyalurkan aspirasi rakyat. Aspirasi di masyarakat sangat beragam, kami mempunyai keterbatasan dalam menjangkau aspirasi, disinilah teman-teman media memainkan peran untuk meneruskan aspirasi lewat pemberitaan,” ungkapnya.

Menurutnya, kemitraan yang akan terbangun antara media dan pemerintah tidak bermaksud membatasi kebebasan pers, tetapi lebih kepada penyampaian informasi yang bersifat edukasi dalam pembangunan di tengah-tengah masyarakat.

Bupati juga menegaskan, setiap pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di dinas, badan, kantor dan distrik di Lingkup Pemerintah Kabupaten Jayapura untuk tidak menutup diri dari media manakalah media meminta data atau wawancara terkait capaian kinerja OPD.

“Jika ada kepala dinas atau kepala distrik yang tidak membuka diri kepada media maka rekan-rekan media bisa langsung memberitahukan kepada kami supaya sebelum coffe morning dalam bulan berjalan kami atas nama kepala daerah akan mengundang kepada dinas atau kepala distrik tersebut utuk hadir dan menjelaskan di saat coffe morning,” tegas bupati.

Ditempat yang sama, wartawan senior Papua yang juga sebagai presenter TVRI Papua, Lamek Rumkabu atas nama semua wartawan pos liputan Kabupaten Jayapura menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Bupati Jayapura yang mana telah menyediakan ruang dan waktu untuk berdiskusi dengan awak media lewat acara coffe morning.

Dirinya juga berharap, supaya kedepan pemerintah dapat memberikan kesempatan kepada wartawan untuk bekerja sesuai dengan profesinya masing-masing sehingga kemitraan yang sedang dibangun ini tidak berdampak pada pembatasan terhadap kinerja jurnalis di Kabupaten Jayapura.

Diketahui, Coffe morning yang dimulai pukul 9.00 WIT berlangsung dalam suasana keakraban dengan di hadiri oleh semua awak media dan sejumlah kepala OPD serta pihak manajemen Suni Garden Lake Hotel and Resort Sentani

Dibaca 104 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.