Sukseskan Restorasi Gambut, Butuh Partisipasi Semua Pihak | Pasific Pos.com

| 21 September, 2019 |

Asisten 1 Setda Kabupaten Merauke, Agustinus Joko Guritno Saat menghadiri sosialisasi (foto:iis) Asisten 1 Setda Kabupaten Merauke, Agustinus Joko Guritno Saat menghadiri sosialisasi (foto:iis)

Sukseskan Restorasi Gambut, Butuh Partisipasi Semua Pihak

Papua Selatan Penulis  Senin, 05 Agustus 2019 19:57 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

MERAUKE,ARAFURA,-Partisipasi pihak di seluruh tingkat kampung dalam mensukseskan kegiatan restorasi gambut demi mewujudkan kesejahteraan masyarakat Merauke sangat diharapkan, baik pemerintah, pelaku usaha, akademisi, adat serta pihak-pihak terkait untuk menyambut kegiatan yang dilaksanakan BRG sebagai bentuk aspirasi dan terima kasih untuk aksi merestorasi di daerah ini. Demikian ungkap Bupati Merauke dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Asisten 1 Setda Kabupaten Merauke, Agustinus Joko Guritno pada sosialisasi pengelolaan gambut di Swiss-Belhotel Merauke belum lama ini.

Bupati juga meminta peserta sosialisasi memahami pentingnya restorasi gambut dan langkahnya sehingga bencana alam, kebakaran hutan dan lahan di daerah masing-masing mampu dicegah. Sekaligus dapat melestarikan fungsi dan potensi gambut di Kabupaten Merauke. Lebih lanjut dikemukakan, Sosialisasi kali ini merupakan kegiatan Badan Restorasi Gambut (BRG) yang patut diapresiasi seperti yang diketahui bahwa BRG dibentuk dengan tujuan untuk melakukan percepatan pemulihan kawasan dan pengembalian fungsi hidrologis gambut akibat kebakaran hutan dan lahan yang dilakukan secara sistematis, terarah, terpadu dan menyeluruh.

Sejalan dengan salah satu fungsi BRG yaitu pelaksanaan sosialisasi dan edukasi restorasi gambut maka rencana program dan kegiatan restorasi gambut perlu disosialisasikan kepada para pemangku hak dan kepentingan. Sosialisasi dan edukasi restorasi gambut sejatinya bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dan publik secara umum terhadap upaya penyelamatan gambut. Oleh sebab itu maka sejumlah media, komunikasi dan edukasi penting disiapkan. Sosialisasi ini diharapkan mampu menyatukan ara pihak dari tingkat pusat hingga kelompok dan masyarakat serta diharapkan kerjasamanya untuk memfasilitasi pembentukan kelompok masyarakat, memberitahukan dan mensosialisasikan kepada masyarakat tentang adanya kegiatan restorasi gambut di daerah setempat.

Dibaca 69 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX