Kapolresta : Rusunawa Dimanfaatkan sebagai tempat persinggaan para pelaku kejahatan | Pasific Pos.com

| 20 September, 2019 |

Kapolres Jayapura Kota AKBP Gustav R Urbinas Kapolres Jayapura Kota AKBP Gustav R Urbinas

Kapolresta : Rusunawa Dimanfaatkan sebagai tempat persinggaan para pelaku kejahatan

Kriminal Penulis  Sabtu, 03 Agustus 2019 23:29 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

JAYAPURA - Kapolres Jayapura Kota AKBP Gustav R Urbinas mengungkapkan rumah susun mahasiswa (Rusunawa) unit asrama yang terletak di Kamwolker Prumnas III Waena, bukan tempat atau sarang dari para pelaku kejahatan di Kota Jayapura, melainkan rusunawa selama ini dijadikan tempat persinggahan dari para pelaku yang berasal dari luar rusunawa dan unit asrama.

“Saya mau sampaikan ke masyarakat kalau tempat ini (Rusunawa) hanya dijadikan tempat persinggahan para pelaku maupun barang hasil kejahatan. Rata-rata para pelaku bukan penghuni tetap di rusunawa, mereka hanya singga dan menaruh barang hasil kejahatan usai beraksi,” ujaranya ketika diwawancarai usai melakukan penggeledahan rusunawa, Sabtu (3/8) pagi.

Ia pun menerangkan penghuni rusunawa dan unit asrama sesungguhnya memliki komitmen untuk mencegah para pelaku kesana.untuk itu saran kami kepada pihak Uncen untuk dapat ditertibkan terkait penghuni yang ada dirusunawa dan unit asrama.

“Rata-rata pelaku yang kami amankan itu merupakan orang dari luar rusunawa. Kegiatan penggeledahanyang kami lakukan saja mendapatkan respon positif dan dukungan dari para penghuni rusunawa,”tuturnya.

Lanjut Gutsav, rusunawa sendiri kedepannya akan dipantau dan diawasi oleh pihaknya, mengingat setiap kali dilakukan penggeledahan selalu ditemukan barang hasil curian dan para pelaku kejahatan, selain itu pihaknya akan membangun komunikasi dengan para mahasiswa yang ada didalam, menhgingat mereka sangat merespon tindakan yang diambil pihak kepolisian agar rusunawa dimata masyarakat tidak rusak karena oknum-oknum tidak bertangung jawab.

“Rusunawa kami akan pantau terus dan tidak menutup kemungkinan kami akan lakukan pengeledahan selanjutnya apabila kami menemukan atau menerima laporan. Intinya sekali lagi rusunawa selama ini sudah dijadikan sarang kejahatan para pelaku yang berasal dari luar rusunawa dan para penghuni tetap kebanyakan telah resah atas tingkah laku orang luar yang sering datang ke rusunawa dan unit asrama,” terangnya.

Penggeledahan yang dilakukan pihak kepolisian, Sabtu (3/8) pagi di Rusunawa Uncen Prumnas III, melibatkan 184 personil baik dari Polres Jayapura Kota, Samapta dan Brimob Polda Papua. Penggeledahan yang dilakukan pun membuahkan hasil, dimana pihak kepolisian mengamankan 43 unit kendaraan bermotor berbagai jenis yang diduga sebagai hasil kejahatan, bahkan delapan terduga pelaku pun turut ikut digiring ke Mapolres Jayapura Kota guna menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

Sementara itu perlu diketahui penggeledahan rumah susun mahasiswa (Rusunawa) yang dilakukan pihak Kepolisian Resort Jayapura Kora sudah lebih dari sekali, dimana setiap penggeledahan pihak kepolisian berhasil mengamankan barang hasil kejahatan baik kasus curanmor dan curas.

Dibaca 77 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.