Pemda Dinilai Dukung Ramainya Bisnis THM | Pasific Pos.com

| 18 January, 2020 |

Pemda Dinilai Dukung Ramainya Bisnis THM

Papua Barat Penulis  Sabtu, 03 Agustus 2019 03:41 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Manokwari, TP – Direktur Eksekutif LP3BH Manokwari, Yan C. Warinussy, SH menilai, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manokwari tidak tegas dalam mengatur perizinan tempat hiburan malam (THM) di Kabupaten Manokwari.

Menurutnya, sekarang THM menjamur di Kota Manokwari, dimana tercatat ada 26 THM, mulai di Jl. Merdeka, Jl. Pasir, Pasar Wosi, Jl. Drs. Esau Sesa, Sowi Gunung, Reremi Puncak, dan Sowi IV yang berdekatan dengan tempat ibadah atau gereja.

“Situasi ini menunjukkan kalau tidak tegas atau bisa dikatakan mendukung ramainya bisnis THM di Manokwari. bahasa halusnya, pemda terkesan melakukan pembiaran terhadap kehadiran THM di Manokwari,” ungkap Warinussy kepada Tabura Pos di Pengadilan Negeri (PN) Manokwari, belum lama ini.

Dikatakannya, Bupati Manokwari, Demas P. Mandacan harus menggerakkan Satpol PP untuk melakukan inspeksi mendadak (sidak) guna mendata dan memberi izin operasi terhadap THM.

Lanjut dia, jika Satpol PP merasa tidak mampu untuk berhadapan dengan para pemilik tempat karaoke atau THM, Bupati bisa menyurati Polda Papua Barat atau Polres Manokwari untuk mem-back up, sehingga bisa melakukan penindakan secara langsung terhadap THM yang illegal atau tanpa izin operasi.

Di samping itu, Warinussy meminta Bupati memeriksa dinas terkait yang berhubungan langsung dengan pemberian izin operasional terhadap THM guna menghindari terjadinya pungutan liar (pungli) di balik pemberian perizinan.

“Kalau ada THM yang berdiri dekat rumah ibadah, seperti gereja atau masjid, maka Bupati harus bersikap tegas untuk melakukan pembongkaran secara paksa, sehingga tidak mengganggu umat yang akan beribadah,” tandas Warinussy.[BOM-R1] 

Dibaca 125 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.