Perusahaan Dihimbau Bayar Upah Layak Bagi Pekerja | Pasific Pos.com

| 19 November, 2019 |

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Jayapura, Djoni Naa Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Jayapura, Djoni Naa

Perusahaan Dihimbau Bayar Upah Layak Bagi Pekerja

Kota Jayapura Penulis  Jumat, 02 Agustus 2019 19:51 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

 

JAYAPURA - Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Jayapura, Djoni Naa menghimbau kepada perusahaan yang beroperasi di wilayah setempat agar membayarkan upah layah bagi pekerjanya sesuai upah minimum provinsi (UMP).

"UMP Papua 2019 Rp3.240.900 berdasarkan SK Gunernur Nomor 561/12218/SET. Jadi, mau tidak mau semua perusahaan harus mengikuti itu," kata Naa di Kantor Wali Kota Jayapura, Jumat (2/8/19).

Dijelaskan Naa, Kota Jayapura memiliki 566 perusahaan dengan jumlah tenaga kerja ribuan orang, yang wajib dilaksanakan oleh semua perusahaan dalam memberikan upah karena UMP ditetapkan dihitung dari kebutuhan hidup layak, inflasi dan pertumbuhan ekonomi.

"Dari hasil monitoring kami ada juga yang belum membayar sesuai UMP dengan alasan penghasilan tapi perusahaan wajib membuat penangguhan untuk ketika nanti dibayar harus melengkapi kekurangan gaji yang pertama. Kalau perusahaan yang bahar sesuai UMP karena mampu. Artinya, pengeluaran dan pemasukan seimbang," ungkapnya.

Naa menegaskan, masalah gaji harus sesuai regulasi yang sudah dikeluarkan negara. Apabila tidak diikuti, berarti perusahaan telah bersalah dan dinilai tidak mampu membayar UMP yang telah dikeluarkan pemerintah.

"Upah pekerja sudah dimusyawarahkan antara pemerintah dengan perwakilan organisasi perusahaan makanya ditetapkan UMP dan UMP ini sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 78 Tahun 2015 tentang pengupahan," jelasnya.

Dibaca 95 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX