Pemprov Papua Barat Terima 30 Pamong Praja Lulusan IPDN | Pasific Pos.com

| 23 August, 2019 |

Pemprov Papua Barat Terima 30 Pamong Praja Lulusan IPDN

Papua Barat Penulis  Kamis, 01 Agustus 2019 23:15 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Manokwari, TP – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI mengambalikan 30 pamong praja lulusan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) angkatan XXV tahun 2018 ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Barat. Penyerahan diterima langsung Asisten I Bidang Pemerintahan, Setda Papua Barat, Musa Kamudi mewakili Gubernur Papua Barat di kantor Gubernur Papua Barat, Rabu (31/7).

Kepala Biro Hukum, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), R. Gani Muhammad mengatakan, kebijakan penempatan tugas dilakukan untuk membantu pelaksanaan tugas pemerintahan daerah agar semakin fokus dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) secara merata di seluruh pelosok tanah air.

Menurutnya, sebagai lembaga pendidikan tinggi kepamongprajaan dengan eksistensinya sebagai lembaga pencetak kader pemerintah, telah melahirkan lulusan dengan inteletual yang baik.

IPDN merupakan lembaga penempa karaketer kader-kader pemerintahan agar mental, sikap dan perilaku yang baik. Sehingga lulusan IPDN menjadi SDM yang memiliki intelektual yang tinggi, kepribadian yang luhur serta mental yang kuat.

“Kita memaknai bahwa bersama sebagai bentuk komitmen pemerintah dalam rangka pengembangan SDM yang pada akhirnya dapat memajukan daerah,” terang Muhammad pada acara serah terima CPNS Kemendagri lulusan IPDN angkatan XXV di kantor Gubernur Papua barat, Rabu (31/7).

Menurut dia, lulusan IPDN adalah kader pemerintahan dalam negeri dan pelopor revolusi mental yang telah disiapkan melalui pendidikan kepamongprajaan. Untuk itu, diharapkan, dapat memberikan sumbangsih nyata dalam menjawab tantangan tersebut, mengingat lulusan IPDN telah ditempa intelektual, keterampilan dan mental serta disiplin melalui pengajaran, pelatihan dan pengasuhan.

Asisten I Bidang Pemerintahan Setda Provinsi Papua Barat, Musa Kamudi mengatakan, lembaga IPDN selama ini dinilai memiliki kedisiplinan yang cukup tinggi. Untuk itu, disiplin yang diperoleh selama mengikuti pendidikan harus bisa dipertahankan dan ditingkatkan di tempat tugas yang baru.

Mewakili Pemprov Papua Barat, Ia juga menyampaikan terima kasih. Adanya penambahan tenaga diharapkan dapat memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. “Kita bukan minta dilayani tetapi kitalah yang melayani,” terang dia.

Dirinya berharap, 30 pamong praja lulusan IPDN angkatan XXV tahun 2018 tetap menjaga sikap perilaku serta menjadi contoh di lingkungan kerja masing-masing. “Disiplin harus tetap dipertahankan, karena kita pegawai negeri sipil (PNS) diatur dengan aturan termasuk ketentuan jam kerja, semua daerah sudah siap menerima kehadiran adik-adik sekalian,” tandas Kamudi. [FSM] 

 

Dibaca 66 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.