Petugas FKTP Diajak Unduh Mobile JKN | Pasific Pos.com

| 15 November, 2019 |

Petugas FKTP Menunjukkan Aplikasi Mobile JKN (foto:ist) Petugas FKTP Menunjukkan Aplikasi Mobile JKN (foto:ist)

Petugas FKTP Diajak Unduh Mobile JKN

Papua Selatan Penulis  Kamis, 01 Agustus 2019 23:04 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

MERAUKE,ARAFURA,-Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) antara lain Puskesmas dan Dokter Keluarga yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan Cabang Merauke merupakan peran penting dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada peserta JKN-KIS. Selain itu FKTP juga menjalankan Promotif dan Prefentif demi memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas kepada peserta. Demi meningkatkan kualitas layanan di FKTP, BPJS Kesehatan Cabang Merauke melakukan sosialisasi tentang Dukungan Sistem Informasi Manajemen/SIM dalam Pengelolaan Klaim Pelayanan Primer di tahun 2019 di wilayah Kabupaten Merauke, Rabu (31/07).

Agenda pembahasan tentang UtilizationReview (UR) tahun 2019, Regulasi pelaksanaan pelayanan di FKTP, Aplikasi P-Care, Aplikasi HFIS, serta Strategi Pelayanan di FKTP tahun 2019. “Hak FKTP selain memperoleh informasi berkaitan dengan prosedur pelayanan, pembayaran dan proses kerjasama juga menerima pembayaran kompensasi dalam hal terjadinya kekurangan bayar sesuai dengan ketentuan. Dalam hal ketidaklengkapan dokumen tagihan klaim non kapitasi yang disampaikan oleh FKTP, maka FKTP dapat menerima informasi kekurangan berkas dalam waktu 15 hari kerja sejak dokumen diterima dan menerima hasil evaluasi komitmen pelayanan,” jelas Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer BPJS Kesehatan Cabang Merauke, Arlin Lulun Bara.

Ditambahkan bahwa kewajiban FKTP adalah memberikan informasi tentang hak dan kewajiban peserta termasuk mengenai pelayanan JKN, mencantumkan jadwal dan jam pelayanan dokter terdaftar sesuai SIP dan memastikan pelayanan yang diberikan oleh jejaring Faskes melakukan sosialisasi terkait isi perjanjian dan pembinaan berkelanjutan kepada jejaring Faskes. Selajutnya kegiatan dari BPJS Kesehatan adalah memberikan ujian pemahaman kepada seluruh FKTP yang hadir terkait materi yang disampaikan. “Kami akan berupaya untuk menerapkan hal tersebut di FKTP guna untuk pelayanan yang lebih baik kepada peserta. Karena kami telah mendapatkan informasi-informasi yang baru dari BPJS Kesehatan,” kata Sarianti, salah satu perawat pada Puskesmas Mopah yang turut hadir dalam kegiatan tersebut. Kegiatan itupun diakhiri dengan mengunduh aplikasi Mobile JKN oleh seluruh petugas FKTP.

Dibaca 93 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.